Meningkatkan Kesetian Pelanggan Melalui Kualitas Layanan dan Kepercayaan Pelanggan Pada PT. Mastratech Indonesia Cabang Lahat
DOI:
https://doi.org/10.31851/jmwe.v19i4.11029Abstract
ABSTRAK
Persaingan segmen pasar yang tinggi membuat perusahaan harus berkerja lebih ekstra untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Pelanggan yang loyal akan terus menerus membeli atau menggunakan produk atau jasa tersebut, meskipun kompetitor menawarkan produk yang serupa dengan harga yang menarik. Untuk meningkatkan loyalitas pelanggan perusahaan harus bisa memberi pelayanan terbaik. Dilansir dari ameritainsight.com, pelayanan yang baik akan membuat 60-70% para pelanggan akan melakukan pembelian kembali. selain itu, kepercayaan pelanggan juga merupakan aspek yang perlu diperhatikan, jika pelayanan yang diberikan dapat membuat pelanggan merasa percaya maka meningkatkan loyalitas pelanggan tersebut. PT Mastratech Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penjualan jasa dan produk alat berat. Agar perusahaan ini dapat menjaga eksistensinya maka perusahaan harus dapat meningkatkan loyalitas para pelanggan. Apalagi di tengah persaingan pasar dan persaingan ekonomi yang semakin ketat. Para pesaing akan menyiapkan strategi untuk mengalahkan. Dari fenomena tersebut membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul meningkatkan loyalitas pelanggan melalui kualitas pelayanan dan kepercayaan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah kualitas pelayanan dan kepercayaan pelanggan dapat mempengaruhi peningkatan loyalitas pelanggan. Penelitian ini termasuk penelitian assosiatif kausal dengan menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian yang menunjukan kualitas layanan dan kepercayaan memberikan dampak pengaruh yang positif terhadap Kesetiaan pelanggan pada PT. Mastratech Indonesia cabang Lahat. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah perusahaan harus memberikan pelayanan yang jauh melebihi ekspektasi pelanggan. Memberikan pelayanan yang baik dapat menarik pelanggan untuk datang kembali membeli produk atau jasa. Pelayanan yang cepat tanggap dan ramah akan membuat para pelanggan merasa lebih nyaman saat menggunakan produk atau jasa. Kemudian Kepercayaan yang diberikan perusahaan terhadap pelanggan terbukti dapat memberikan kepuasan terhadap apa yang ditawarkan. Dan mendorong pelanggan untuk mempunyai niat untuk mempercayai bahwa produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan dapat diterima dan meyakinkan pelanggan.
Kata Kunci: Loyalitas Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan pelanggan
ABSTRACT
High market segment competition makes companies have to work extra to increase customer loyalty. Loyal customers will continue to buy or use these products or services, even though competitors offer similar products at attractive prices. To increase customer loyalty, companies must be able to provide the best service. Reporting from ameritainsight.com, good service will make 60-70% of customers buy again. In addition, customer trust is also an aspect that needs attention, if the service provided can make customers feel confident, it will increase customer loyalty. PT Mastratech Indonesia is a company engaged in the sale of heavy equipment services and products. In order for this company to maintain its existence, the company must be able to increase customer loyalty. Especially in the midst of increasingly fierce market competition and economic competition. The competitors will prepare a strategy to beat. From this phenomenon, the authors are interested in conducting research with the title of increasing customer loyalty through service quality and customer trust. The aim of this research is to find out whether the quality of service and customer trust can affect the increase in customer loyalty. This research includes causal associative research using quantitative methods. The results of the study show that service quality and trust have a positive impact on customer loyalty at PT. Mastratech Indonesia Lahat branch. The conclusion in this study is that companies must provide services that far exceed customer expectations. Providing good service can attract customers to come back to buy products or services. Responsive and friendly service will make customers feel more comfortable when using a product or service. Then the trust given by the company to customers is proven to be able to provide satisfaction with what is offered. And encourage customers to have the intention to believe that the products or services offered by the company can be accepted and convince customers.
Keywords : Customer Loyal, Service Quality, Customer Trust
References
Aini, Tika Nur. (2020). Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Komitmen Sebagai Variabel Interving. E-BISMA, 1(2), 88-9810.37631/e-bisma.v1i2.194P-ISSN 2774-8790 | E-ISSN 2774 8804.
Bastian, Jordan dan Sugeng Widodo. (2022). Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Station Sato Petshop Cibinong Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIMAWA) Vol. 2, No. 1, Maret 2022 (29 - 35) http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMW/index.
Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Maharani, Astri Dhiah. (2010). Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Mega Semarang. Semarang: Universitas Diponegoro.
Nurdin, Sahidillah. (2019). Membangun Kepuasan Pelanggan Melalui Kepercayaan Pelanggan dalam Menggunakan Kartu Pascabayar Halo. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah Vol 2 No 1, Januari 2019 E-ISSN : 2599-3410 | P-ISSN : 4321-1234. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Al-Washliyah Sibolga.
Pranajaya, Eka dkk. (2021). Pentingnya Membangun Loyalitas Konsumen Melalui Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan: Survey Tentang Pelayanan Dan Loyalitas Pada Perusahaan Jasa. Jurnal Disrupsi Bisnis, Vol. 4, No.4, Juli 2021 (304-313) DOI: http://dx.doi.org/10.32493/drb.v4i4.10829.
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Kontemporer. CV. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:
PT Alfabet.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Cetakan ke-18, Penerbit: ALFABETA, CV
Tjiptono. (2014). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta. Andi.
Tjiptono. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta.
Andy.
William dan Tiurniari Purba. (2020). Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Mazda Di Kota Batam. Jurnal EMBA Vol.8 No.1 Februari 2020, Hal. 1987-1996.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Media Wahana Ekonomika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the publisher of the journal licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License in line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.