Peran Dan Peluang Guru Dalam Pembelajaran Pasca Pandemic 19 (Studi Kasus Di SMKN 1 Kandis Kabupaten Ogan Ilir)
DOI:
https://doi.org/10.31851/jmwe.v19i4.11034Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru di dalam pembelajaran dan peluang guru dalam meningkatkan kompetensi, dengan prinsip keprofesionalannya sudah teruji ketika Pandemic-!9 dan di era pasca pandemic- 19, peran guru sebagai garda terdepan dalam pembelajaran memberikan perencanaan terhadap peran yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran. Tantangan dan hambatan yang di alami semasa Pandemic- 19 telah melahirkan peluang-peluang yang telah meningkatkan kompetensi guru dan dapat diterapkan sesuai kondisi kekinian. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kasus melalui pendekatan kualitatif, di SMKN 1 Kandis Kabupaten Ogan Ilir pada bulan Juli 2022. Ada keunikan peran guru dalam pembelajaran pasca pandemic-19 yakni mengejar ketinggalan dengan project based learning dan peluang guru menjadi pandai menggunakan aplikasi/platform pembelajaran, focus penelitianadalah: Peran dan Peluang Guru dalamPembelajaranPasca Pandemic-19 (Studi Kasus di SMKN Kandis Kabupaten Ogan Ilir). Sub focus dari penelitian ini, ialah; peran guru (perencanaan,fasilitator, motivator serta evaluator), dan peluang pada pembelajaran di SMKN 1 Kandis Pasca Pandemic-19. Adapun novelty penelitian ini adalah peluang guru pasca pandemic yang terbit dari tantangan dan hambatan di masa pandemic-19 di SMKN 1 Kandis Kabupaten Ogan Ilir.
Kata kunci: Peran, peluang, pasca pandemic-19, PBL
ABSTRACT
This study aims to determine the teacher's role in learning and the teacher's opportunities in increasing competence, with professional principles that have been tested during the Pandemic-19 and in the post-pandemic era-19, the role of the teacher as the front guard in learning provides planning for the role that will be carried out in learning . The challenges and obstacles experienced during the Pandemic-19 have given birth to opportunities that have increased teacher competence and can be applied according to current conditions. The research was carried out using a qualitative approach using the case study method at SMKN 1 Kandis Ogan Ilir Regency in July 2022. There is a uniqueness in the teacher's role in post-pandemic learning, namely catching up with project-based learning and opportunities for teachers to become good at using learning applications/platforms, focus research is: Teacher Roles and Opportunities in Post-Pandemic-19 Learning (Case Study at SMKN Kandis, Ogan Ilir District). The sub focus of this research is; the role of the teacher (planner, facilitator, motivator and evaluator), and opportunities for learning at SMKN 1 Kandis Post-Pandemic-19. The novelty of this research is post-pandemic teacher opportunities arising from challenges and obstacles during the 19th pandemic at SMKN 1 Kandis, Ogan Ilir Regency. Keywords: Role, opportunity, post-pandemic-19, PBL
References
Danim, Sudarwan. 2022. Reformasi Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional PGRI Propinsi Sumatera Selatan dan Universitas PGRI Palembang.
Danim, Sudarwan.2021, Pendidikan dan Pembelajaran 4.0. Yayasan Pembina dan Pengembangan Saintesia, Depok.
Danim Sudarwan. 2019. Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta; Rieke Cipta.
Fieka Nurul Afira, 2021. Peran Guru Dalam Pemulihan Pendidikan Pasca Pandemi dan Tantangannya. Info Singkat Vol XIII No.19/I/Puslit/Oktober/2021. Jakarta.
Kristiawan, Safitri, dan Lestari. 2017. Manajemen Pendidikan.Yogyakarta. Deepublish.
Masnur, Hasanah, Bassenang, 1987. Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Jakarta. Jemmars.
Nurul, Muhammad. 2020. “Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Sejarah di SMA Negeri I Kanjen Kabupaten Pekalongan”. Skripsi. Semarang: Program Studi Ilmu Sejarah Universitas Negeri Semarang.
Oemar Hamalik.2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta.PT Bumi Aksara.
Purnamasari, P., Widayatsih, T., Fitriani,Y. Peran Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 6(2) Surabaya.
Rosani, M, Widayatsih, T, Misdalina, 2022. Tantangan dan Peluang Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional PGRI Provinsi Sumatera Selatan dan Universitas PGRI Palembang.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sindhunata. 2001 Pendidikan: Kegelisahan Sepanjang Zaman, Yogyakarta : Kanisius
Spires, Hiller A. 2006. Digital Literacy for Teacher, North Carolina State University, USA.
Uno, Hamzah B.2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
UUD 45 Pasal 31, Tentang Pendidikan, Sinar Grafika, Jakarta, 2014
UUD No.35 Tahun 2014, Tentang Perlindungan Anak, KPAD Kota Palembang.2017.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Media Wahana Ekonomika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the publisher of the journal licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License in line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.