Peran Dan Peluang Guru Dalam Pembelajaran Pasca Pandemic 19 (Studi Kasus Di SMKN 1 Kandis Kabupaten Ogan Ilir)

Authors

  • Tri Widayatsih Universitas PGRI Palembang
  • Meilia Rosani Universitas PGRI Palembang
  • Nurlina Nurlina Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v19i4.11034

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui peranan  guru di dalam pembelajaran dan peluang guru dalam meningkatkan kompetensi, dengan prinsip  keprofesionalannya sudah teruji ketika Pandemic-!9  dan di era pasca pandemic- 19, peran guru  sebagai  garda terdepan dalam  pembelajaran memberikan perencanaan terhadap peran yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.  Tantangan dan hambatan yang di alami semasa Pandemic- 19 telah melahirkan peluang-peluang yang telah  meningkatkan kompetensi guru dan dapat diterapkan sesuai kondisi kekinian.   Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kasus melalui pendekatan kualitatif, di SMKN 1 Kandis Kabupaten Ogan Ilir pada bulan Juli 2022.  Ada keunikan peran guru dalam pembelajaran pasca pandemic-19 yakni mengejar ketinggalan dengan project based learning dan peluang guru menjadi pandai menggunakan aplikasi/platform pembelajaran, focus penelitianadalah: Peran dan Peluang Guru dalamPembelajaranPasca Pandemic-19 (Studi Kasus di SMKN Kandis Kabupaten Ogan Ilir).  Sub focus dari penelitian ini, ialah; peran guru (perencanaan,fasilitator, motivator serta evaluator),  dan peluang pada pembelajaran di SMKN 1 Kandis Pasca Pandemic-19.  Adapun novelty penelitian ini adalah peluang guru pasca pandemic yang terbit dari tantangan  dan hambatan di masa pandemic-19 di SMKN 1 Kandis Kabupaten Ogan Ilir.

 

Kata kunci: Peran, peluang, pasca pandemic-19, PBL

 

ABSTRACT

 

This study aims to determine the teacher's role in learning and the teacher's opportunities in increasing competence, with professional principles that have been tested during the Pandemic-19 and in the post-pandemic era-19, the role of the teacher as the front guard in learning provides planning for the role that will be carried out in learning . The challenges and obstacles experienced during the Pandemic-19 have given birth to opportunities that have increased teacher competence and can be applied according to current conditions. The research was carried out using a qualitative approach using the case study method at SMKN 1 Kandis Ogan Ilir Regency in July 2022. There is a uniqueness in the teacher's role in post-pandemic learning, namely catching up with project-based learning and opportunities for teachers to become good at using learning applications/platforms, focus research is: Teacher Roles and Opportunities in Post-Pandemic-19 Learning (Case Study at SMKN Kandis, Ogan Ilir District). The sub focus of this research is; the role of the teacher (planner, facilitator, motivator and evaluator), and opportunities for learning at SMKN 1 Kandis Post-Pandemic-19. The novelty of this research is post-pandemic teacher opportunities arising from challenges and obstacles during the 19th pandemic at SMKN 1 Kandis, Ogan Ilir Regency. Keywords: Role, opportunity, post-pandemic-19, PBL

References

Danim, Sudarwan. 2022. Reformasi Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional PGRI Propinsi Sumatera Selatan dan Universitas PGRI Palembang.

Danim, Sudarwan.2021, Pendidikan dan Pembelajaran 4.0. Yayasan Pembina dan Pengembangan Saintesia, Depok.

Danim Sudarwan. 2019. Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta; Rieke Cipta.

Fieka Nurul Afira, 2021. Peran Guru Dalam Pemulihan Pendidikan Pasca Pandemi dan Tantangannya. Info Singkat Vol XIII No.19/I/Puslit/Oktober/2021. Jakarta.

Kristiawan, Safitri, dan Lestari. 2017. Manajemen Pendidikan.Yogyakarta. Deepublish.

Masnur, Hasanah, Bassenang, 1987. Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Jakarta. Jemmars.

Nurul, Muhammad. 2020. “Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Sejarah di SMA Negeri I Kanjen Kabupaten Pekalongan”. Skripsi. Semarang: Program Studi Ilmu Sejarah Universitas Negeri Semarang.

Oemar Hamalik.2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta.PT Bumi Aksara.

Purnamasari, P., Widayatsih, T., Fitriani,Y. Peran Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 6(2) Surabaya.

Rosani, M, Widayatsih, T, Misdalina, 2022. Tantangan dan Peluang Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional PGRI Provinsi Sumatera Selatan dan Universitas PGRI Palembang.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sindhunata. 2001 Pendidikan: Kegelisahan Sepanjang Zaman, Yogyakarta : Kanisius

Spires, Hiller A. 2006. Digital Literacy for Teacher, North Carolina State University, USA.

Uno, Hamzah B.2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

UUD 45 Pasal 31, Tentang Pendidikan, Sinar Grafika, Jakarta, 2014

UUD No.35 Tahun 2014, Tentang Perlindungan Anak, KPAD Kota Palembang.2017.

Downloads

Published

2023-01-31