Analisis Pengaruh Brand Image, Customer Service, Dan E-Wom Terhadap Repurchase Intention Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi

Authors

  • Nadya Ayu Apritama Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Ihwan Susila Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v20i1.11278

Keywords:

Brand Image, Customer Service, E-Wom, Purchase Intention, Kepuasan Pelanggan, Fast Food

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh Brand Image, Customer Service, dan E-wom terhadap Repurchase Intention dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitif kasual. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling, sedangkan teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dengan kuesioner. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan sampel sebanyak 212 responden. Pada tahap analisis peneliti menggunakan Smart PLS 3.0 dengan melihat outer model dan inner model. Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh Brand image, Customer Service dan E-wom terhadap Repurchase Intention dan kepuasan pelanggan berperan dalam memediasi antara Brand Image, Customer Service dan E-wom terhadap Repurchase Intention.

 

Keywords: Brand Image, Customer Service, E-Wom, Purchase Intention, Kepuasan Pelanggan, Fast Food

 

ABSTRACT

 

The purpose of this study was to analyze the effect of brand image, customer service, and E-wom on Repurchase Intention with customer satisfaction as a mediating variable. This type of research uses casual quantitative research. Sampling in this study used non-probability sampling techniques, while the sampling technique used in this study was purposive sampling. The data collection method in this study was a questionnaire. In this study, researchers used a sample of 212 respondents. At the analysis stage, researchers used Smart PLS 3.0 by looking at the outer model and inner model. The results of this study are that there is an effect of Brand image, Customer Service and E-wom on Repurchase Intention and customer satisfaction plays a role in mediating between Brand Image, Customer Service and E-wom on Repurchase Intention.

 

Keywords : Brand Image, Customer Service, E-Wom, Purchase Intention, Kepuasan Pelanggan, Fast Food

References

Chinomona, R. (2016). Brand communication, brand image and brand trust as antecedents of brand loyalty in Gauteng Province of South Africa. African Journal of Economic and Management Studies, 7(1), 124–139. https://doi.org/10.1108/AJEMS-03-2013-0031

Dewi, I. G. A. Pt. R. P., & Ekawati, N. W. (2019). Peran Kepuasan Konsumen Memediasi Pengaruh Brand Image Terhadap Repurchase Intention. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(5), 2722. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i05.p05

Dwi Wardani, A., & Indayani, L. (2021). The Influence of Celebrity Endorser, Brand Image, and EWOM on Consumer Purchase Decisions of Sunco Cooking Oil . Academia Open, 5. https://doi.org/10.21070/acopen.5.2021.2126

Fajar, F., Priharsari, D., & Rokhmawati, R. I. (2022). Pengaruh Reputation dan EWOM terhadap Repurchase Intention Konsumen pada E-Commerce (Vol. 6, Issue 6). http://j-ptiik.ub.ac.id

Giofany Rondonuwu, Gene H.M. Kapoantow, Charles Ngangi, & Eyverson Ruauw. (2014). Tingkat Kepuasan Konsumen Di Restoran Mcdonald’S Manado. Jurnal Ilmiah Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulingi, 4, 1–18.

Ghozali,Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate (Ghozali Imam, Ed.; 10th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam, Hengky Latan. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. BP Undip. Semarang

Herliza, R., & Saputri, M. E. (2016). The Influence Of Brand Image To Customer Satisfaction A Case Study Of Zara At Pvj Mall Bandung. Agustus, 3(2), 1949.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2002). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas.

Prasetio, A., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Artikel, I. (2012). Management Analysis Journal Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. In Management Analysis Journal (Vol. 1, Issue 4). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj

Pungki Rahmawati, A., Prihastuty, R., Azis, A., Psikologi, J., & Artikel Abstrak, I. (2018). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Repurchase Intention. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/INTUISI

Rangkuti, F. (2002). Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dan Analisis Kasus PLN-JP. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sari, N. N., Fauzi, A., & Rini, E. S. (2021). The Effect of Electronic Word of Mouth (E-Wom) and Brand Image on Repurchase Intention Moderated by Brand Trust in the Garuda Indonesia Airline. International Journal of Research and Review, 8(9), 81–91. https://doi.org/10.52403/ijrr.20210912

Savitri, C., Hurriyati, R., Wibowo, L. A., & Hendrayati, H. (2021). The role of social media marketing and brand image on smartphone purchase intention. International Journal of Data and Network Science, 6(1), 185–192. https://doi.org/10.5267/J.IJDNS.2021.9.009

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tan, H., Ritzky, D., Brahmana, K. M. R., (2019). Pengaruh Perceived Value Terhadap Repurchase Intention Melalui Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Pada Shopee. (Vol. 7, Issue 1). www.zalora.co.id,

Temy, M. C., Ferry, D. (2022). Pengaruh Customer Service Dan Online Return Policy Leniency Terhadap Repurchase Intention Melalui Customer Satisfaction Pada Pengguna Aplikasi Tokopedia Di Program Studi Manajemen Universitas Kristen Petra Surabaya (Vol. 10, Issue 1).

Widyatmoko, A., Achmad, G. N., & Wasil, M. (2018). Pengaruh e-servqual e-marketing dan e-wom terhadap kepuasan pelanggan. In Seminar Nasional.

Downloads

Published

2023-05-02