Analisis Pengaruh Co-Branding Uniqlo Dan One Piecefilm Red Terhadap Minat Beli Fans One Piece (Nakama)

Authors

  • Ragil Restu Setiawan Universitas Telkom
  • Nurafni Rubiyanti Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v20i2.11652

Keywords:

Co-Branding, Minat Beli, Uniqlo

Abstract

ABSTRAK

 

Perusahaan harus membuat dan melaksanakan promosi yang menarik dalam lingkungan persaingan yang lebih ketat untuk memastikan bahwa target pasar mereka mendapatkan sinyal yang tepat waktu dan akurat dari iklan mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kerjasama antara UNIQLO dan One Piece Film: Red mempengaruhi preferensi pembelian para penggemar One Piece atau yang dikenal dengan Nakama. Penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan metodologi kuantitatif merupakan teknik pilihan. Dalam penelitian ini, 100 responden dijadikan sebagai sampel dan populasi. Teknik sampling jenuhmerupakan metode yang digunakan untuk pengambilan sampel dikarenkan jumlah populasi sebanyak 100 orang. Menurut temuan pengujian hipotesis, UNIQLO dan One Piece Film: RedCo-Branding berdampak pada minat beli penggemar One Piece (Nakama), dan Co-Branding secara bersamaan berdampak besar pada minat tersebut.

 

Kata Kunci: Kolaborasi, Minat Beli

 

 

ABSTRACT

 

The company should create and implement attractive promotions in a more competitive environment to ensure that their target market receives timely and accurate signals from their advertisements. The objective of this research is to determine whether the collaboration between UNIQLO and One Piece Film: Red influences the purchasing preferences of One Piece fans, also known as Nakama. An associative research approach using quantitative methodology is the preferred technique. In this study, 100 respondents were selected as the sample from the population. The saturated sampling technique was employed due to the population size of 100 individuals. According to the hypothesis testing findings, the UNIQLO and One Piece Film: Red co-branding has an impact on the purchase interest of One Piece fans (Nakama), and co-branding, collectively, has a significant effect on that interest

 

Keywords : Collaboration, Purchase Interest

References

Al Rasyid, H. d. (2018). Pngaruh Kualitas Layanan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Jasa . Jurnal Perspektif, Vol. XVI No. 2.

Andalusi, R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Konsumen PT.BCA Finance, Kanntor Pusat Jakarta Selatan). Jurnal Pemasaran Kompetitif, Vol 5. No.1, 80-93.

Ayu Indah Puspita, D. S. (2013). Persepsi Pemustaka Terhadap Promosi Melalui Cara Personal Selling Di Perpustakaan Sma Taruna Nusantara Magelang. Jurnal Ilmu Perpustakaan Volume 2, Nomor 2, 1-6.

Bhinawan, M. (2017). Analysis of the Company Image and Service Quality through Customer Satisfaction to Customer Loyalty (A FieldResearch in PT. Nusantara Water Centre). Scholars Bulletin.

Fast Retailing. (2020). From FastRetailing: https://www.fastretailing.com/eng/.

Jamaluddin, J. (2017). Impact of Service Quality and Customer Satisfaction on Customer Loyalty: A Case Study in a Private Hospital inIndonesia. OSR Journal of Business and Managemen, 23-33.

Kotler, P. &. (2013). Marketing Management. jakarta: Indeks.

Kotler, P. &. (2016). Marketing Management. edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Indeks.

Lilik Trianah, D. P. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal STEI Ekonomi,, 105-122.

Mashuri. (2020). Analisis Dimensi Loyalitas Pelangan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 54-64.

Mashuri. (2020). Analisis Dimensi Loyalitas Pelangan Berdasarkan Perspektif Islam. Iqtishaduna. Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita Vol.9 No.1, 54-64.

Patric, M. a. (2013). Marketing Communication: Fifth Edition. United Kingdom: Pearson.

Sanusi. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empar.

Sasongko, S. R. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 104-114.

Sekaran, L. (2006). Research Methods for Business. Jakarta: Salemba Empar.

Sekaran, l. (2011). Research Methods for business Edisi 1 and 2. Jakarta: Salemba Empat.

sekaran, l. (2014). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis (Research Methods for Business) Buku 1 Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

Sheila Meilana Rachmania Putri, E. B. (2021). Analisis Pengaruh Brand Ambassador, Promosi Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Tokopedia (Studi Kasus Followers @tokopedia). Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfa Beta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfa Beta.

Downloads

Published

2023-07-30