Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pra, Masa, dan Pasca Covid-19

Authors

  • Layla Nurul Sakinah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Irwan Padli Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Ikhsan Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v20i2.11878

Keywords:

Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian, Makanan Beku, COVID-19.

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran 7P terhadap keputusan pembelian Pada Pra, Masa, dan Pasca COVID-19.  Subjek penelitian ini adalah toko Lezza Frozen Food Desa Bandar Setia. Pada penelitian ini, sampel yang digunakan berjumlah 50 orang yang merupakan konsumen Toko Lezza Frozen Food. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data diambil menggunakan skala Likert dan juga pertanyaan-pertanyaan seputar bauran pemasaran yang dapat dijawab sesuai dengan opini responden terhadap usaha tersebut. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, analisis regresi linear berganda, serta uji t dan uji f. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa variabel produk, harga, lokasi, promosi, orang, proses dan bukti fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toko Lezza Frozen Food baik dari aspek pra, masa, dan pasca COVID-19. Konsumen Toko Lezza Frozen Food sangat memperhatikan kualitas dan kuantitas produk sebelum melakukan pembelian. Tidak hanya itu, konsumen juga membandingkan harga produk dari harga toko lain, memilih berbelanja ke toko tersebut karena lokasi toko yang mudah dijangkau, bersih dan nyaman untuk berbelanja. Serta memperhatikan pelayanan dan proses transaksi yang dilakukan oleh Toko Lezza Frozen Food.

 

Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian, Makanan Beku, COVID-19.

 

ABSTRACT

 

The purpose of this study was to determine the effect of the 7P marketing mix on purchasing decisions in Pre, Period, and Post COVID-19. The subject of this research is the Lezza Frozen Food store in Bandar Setia Village. In this study, the sample used was 50 people who were consumers of Lezza Frozen Food Stores. The sampling technique used purposive sampling. Data was collected using a Likert scale and also questions about the marketing mix which can be answered according to the respondents' opinion of the business. The data analysis technique used is the validity test, reliability test, normality test, multiple linear regression analysis, as well as the t test and f test. The results of this study are that the product, price, location, promotion, people, process and physical evidence variables have a positive and significant effect on purchasing decisions at Lezza Frozen Food Stores both from pre, period and post COVID-19 aspects. Consumers at Lezza Frozen Food Shop are very concerned about product quality and quantity before making a purchase. Not only that, consumers also compare product prices from other store prices, choosing to shop at these stores because the store locations are easy to reach, clean and comfortable for shopping. As well as paying attention to the services and transaction processes carried out by the Lezza Frozen Food Store.

 

Keywords : Marketing Mix, Purchase Decision, Frozen Food, COVID-19.

References

Ahidin, U. (2019). Implementasi Pemasaran Berkelanjutan Dalam Rangka mendukung Ekonomi Berkelanjutan dan Pembangunan Berkelanjutan (Sebuah Tinjauan). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & …, 3(1), 243–255. https://doi.org/10.31955/mea.vol3.iss1.pp243-255

Ahmad Zikri, M. I. H. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia Regional I Sumatera. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 1(1), 129–138.

Ainiah, S. N., Afifuddin, & Hayat. (2021). Jurnal Inovasi Penelitian. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 1–208.

Aisyah, S. R., B, N. A., & Hasibuan, S. (2023). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi, Lingkungan Keluarga dan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Muslim. Journal on Education, 5(4). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2131.

Brama Kumbara, V. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604–630. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5.568

Effendi, L., & Nasution, M. I. P. (2022). Perilaku Transaksi Ekonomi Pengguna Media Sosial sebagai Dampak Perkembangan Ekonomi Digital. Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen Dan Sumberdaya, 1(3), 162–165. https://doi.org/10.54371/jms.v1i3.212

Hariyadi, G. T. (2017). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN BERBELANJA DI MINIMARKET (Studi pada Indomaret dan Alfamart di Semarang). Jurnal Penelitan Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 16–32. https://doi.org/10.33633/jpeb.v1i1.1475

Hidayati, T., Irwan, M., & Nasution, F. (2020). Pengaruh Fitur Chatbot Aisyah ( Asisten Interaktif Mandiri Syariah ) Terhadap Kualitas Pelayanan Nasabah. Jurnal BanqueSyar’i, 6, 81–88. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/bs/article/view/2397

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. PT Indeks.

Megayani, B.P, A., Chandra, R., Hendro, J., Hidayat, N., & Fakhri Pratama, R. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Hoops Indonesia di Cabang Grand Indonesia Megayani,. BPJP) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta, 05(01), 1–16.

Nur Rahman, H., Paramita, N., Hannum, R., & Sumatera Utara, U. (2021). Pengaruh Perangkat Lunak E-Commercce Terhadap Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 7–12.

Prameswari, A., Hsb, D. N., Bayani, L. N., & Nurbaiti. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Konsumen Dalam Menggunakan Sistem Pembayaran E-Wallet (Studi Kasus Pada Mahasiswa UINSU Medan). Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 126–139. https://doi.org/10.56114/al-sharf.v2i2.191

Puspasari, H., & Puspita, W. (2022). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa terhadap Pemilihan Suplemen Kesehatan dalam Menghadapi Covid-19. Jurnal Kesehatan, 13(1), 65. https://doi.org/10.26630/jk.v13i1.2814

Sharda, M. S. S. (2022). A Complete Consumer Behaviour Learning Model For Real-time Demand Response Implementation In Smart Grid. Applied Intelligence. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s10489-021-02501-4.

Taluke, D., Lakat, R. S. M., Sembel, A., Mangrove, E., & Bahwa, M. (2019). Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Spasial, 6(2), 531–540.

Waani, N. C., Mangantar, M., & Uhing, Y. (2022). Perbedaan Sikap Konsumen dalam Keputusan Pembelian Niu Green Tea dan Teh Botol Sosro (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNSRAT). Emba, 10(1), 1004–1013.

Wenyang, J. M. Z. (2021). Raman Spectroscopic Techniques for Detecting Structure and Quality of Frozen Foods: Principles and Applications. Critical Reviwes in Food Science and Nutrition, 16 (16). https://doi.org/https://doi.org/10.1080/10408398.2020.1828814

Xian, Gou Li, dkk. (2011). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660–669.

Downloads

Published

2023-07-30