Analisis Efektivitas Inovasi Digital SRC (Sampoerna Retail Community) Bagi Toko Kelontong Di Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat

Authors

  • Putri Salsa Nabila Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Annio Indah Lestari Nasution
  • Muhammad Ikhsan Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v20i2.12049

Keywords:

Efektivitas, Inovasi Digital, SRC, Toko Kelontong

Abstract

ABSTRAK

 

Perekonomian saat ini berkembang sangat pesat, yang ditandai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini. Dengan pesatnya perkembangan teknologi, dunia digital dan internet tentunya telah berdampak pada dunia pemasaran. Tren pemasaran global bergeser dari tradisional (offline) ke digital (daring). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas inovasi digital SRC (Sampoerna Retail Community) pada toko kelontong di Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode indepth interview(wawancara mendalam). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis reduksi data. Sampel penelitian ini berjumlah 4 orang yang merupakan 3 pemilik Toko Kelontong yang tergabung dengan mitra SRC (Sampoerna Retail Community) yang berada di Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat yang berjumlah 3 Toko dan 1 orang merupakan SRC Coach PT. HM Sampoerna Tbk . Hasil penelitian adalah, inovasi digital SRC (Sampoerna Retail Community) sangat membantu salah satunya  membantu dalam hal peningkatan volume penjualan melalui pengelolaan administrasi yang lebih baik berupa edukasi manajemen toko atau pendampingan dari SRC, yang sesuai berdasarkan indikator efektivitas, termasuk kejelasan tujuan program, penyediaan sarana dan prasarana,  dan operasi program.

 

Kata Kunci: Efektivitas, Inovasi Digital, SRC, Toko Kelontong.

 

 

ABSTRACT

 

Today's economy is developing very rapidly, which is characterized by the current progress in science and technology. With the rapid development of technology, the digital world and the internet have certainly had an impact on the world of marketing. Global marketing trends are shifting from traditional (offline) to digital (online). The purpose of this study was to determine the effectiveness of SRC (Sampoerna Retail Community) digital innovation in grocery stores in Kuala District, Langkat Regency. This study used qualitative research methods with in-depth interview methods. The data analysis technique in this study used data reduction analysis. The sample of this study was a Grocery Store owner who joined SRC (Sampoerna Retail Community) located in Kuala District, Langkat Regency, which amounted to 3 stores.  The results of the study, SRC (Sampoerna Retail Community)'s digital innovation is very helpful one of them in terms of increasing sales volume through better administrative management in the form of store management education or assistance from SRC, which is appropriate based on effectiveness indicators, including clarity of program objectives, provision of facilities and infrastructure, and program operations.

 

Keywords : Effectiveness, Digital Innovation, SRC, Grocery Store.

References

Aisyah, S., Nasution, A. M., Yasmita, H., Fahri, M., Lubis, I., Islam, U., Sumatera, N., Estate, M., & Serdang, K. D. (2023). Adopsi teknologi aplikasi pospayment kepada mahasiswa uin sumatera utara. 3(1), 111–119.

Badriah, N., Nasution, M. I. P., & Lestari, A. I. (2021). Strategi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Mobil Di Kota Medan Pada Masa Pandemi Covid-19. Islamic Circle, 2(2), 1018.

Bubun, U., Kusniawati, A., & Kader, M. A. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan. 1(2), 286–294. http://repository.unigal.ac.id/handle/123456789/1244

Edelia, A., & Aslami, N. (2022). the Role of Empowerment of the Cooperative and Msme Office in the Development of Small and Medium Micro Enterprises in Medan City. Marginal : Journal of Management, Accounting, General Finance and International Economic Issues, 1(3), 31–36. https://doi.org/10.55047/marginal.v1i3.163

Eman Sulaiman, Cucu Handayani, & Susi Widyastuti. (2021). Transformasi Digital Technology-Organization-Environment (Toe) Dan Inovasi Difusi E-Business Untuk Umkm Yang Berkelanjutan: Model Konseptual. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.36805/manajemen.v7i1.1947

Hamdun, N., Marliyah, M., & Nurbaiti, N. (2022). Strategi Pelaku Bisnis Electronic Commerce (E-Commerce). Journal Locus Penelitian dan Pengabdian, 1(2), 60-67.

Hardani.(2020). Metode Penelitian Kualitatif&Kuantitatif. Yogyakarta:Pustaka Ilmu

Hasiholan, L. B., & Amboningtyas, D. (2021). Model Pemasaran Digital Marketing dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada UMKM Kota Semarang. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 45–48. https://doi.org/10.22437/jssh.v5i1.13142

Mirani, D., Aryansah, J. E., & Musdalifah, F. S. (2022). Efektifitas Program Palembang Go-Digital Bagi Pelaku UMKM di Masa Pandemi Covid-19. Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik, 8(1), 1–121. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/kolaborasi

Nasution, A. R., Lestari, A. I., Harahap, R. D., Islam, U., & Sumatera, N. (2023). Pengaruh Islamic Market Orientation Dan Inovasi Produk. 8(30), 486–504.

P, P. H., B, N. G., & J, P. R. (2019). Analisis Efektivitas Dan Efisiensi Pelaksanaan Anggaran Belanja Badan Perencanaan Penelitian Dan Pengembangan Daerah Kota Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3), 2979–2988.

Raihan, M., Irwa, M., Nasution, F., Suci, S., Sundari, A., & Kecil, U. (2023). Pengembangan UMKM Melalui Media Sosial. 2(1).

Rengganawati, H., & Taufik, Y. (2020). Analisis Pelaksanaan Digital Marketing pada UMKM Tahu Rohmat di Kuningan. Komversal : Jurnal Komunikasi Universal, 6, 28–50. https://doi.org/10.38204/komversal.v6i1.496

Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1–189. https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952

Siregar, L. Y., & Nasution, M. I. P. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online. HIRARKI Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (HJIMB), 02(01), 71–75. http://journal.upp.ac.id/index.php/Hirarki%0APERKEMBANGAN

Suasih, N. N. R., Wijaya, P. Y., & Yudha, I. M. E. K. (2022). Key Factors Transformasi Digital UMKM (Pendekatan Analisis Micmac Pada Umkm Di Bali). Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 22(02), 1061–1066.

Syarif, L. S. (2023). Peran SRC (Sampoerna Retail Community) Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Pada Toko. 2(1), 175–190.

Walad, M. M., Meliyani, M., Ananda, S. R., Alfarezzi, A., & Suhairi, S. (2022). Pemanfaatan Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(3), 450–456. https://doi.org/10.47467/elmal.v3i3.923

Downloads

Published

2023-07-30