Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Empiris pada Konsumen Pengguna TikTok Shop di Wilayah Surakarta)
DOI:
https://doi.org/10.31851/jmwe.v20i2.12056Keywords:
Celebrity Endorsement, Harga, Minat BeliAbstract
ABSTRAK
Tiktok adalah platform jejaring sosial yang saat ini sedang trend di era modern. Tiktok platform media baru yang diluncurkan pada tahun 2016 oleh perusahaan China ByteDance yang awalnya menyediakan platform bagi individu untuk mengekspresikan dan mengasah bakat mereka melalui konten video. Saat ini Tiktok sedang memperkenalkan fitur tambahan yang berguna untuk bisnis online. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis pengaruh Celebrity Endorsement dan harga pada minat beli konsumen. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif. Prosedur pengumpulan data yaitu kuesioner. Populasii penelitian ini terdiri dari pengguna TikTok Shop di wilayah Surakarta. Rumus Slovin digunakan untuk menghitung jumlah sampel yaitu sebanyak 100 responden. Teknik sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan pengambilan sampel secara accidental dan purposive sampling. Smart PLS 3.0 digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa celebrity endorsement memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini berkontribusi dibidang ecommerce khususnya pada pengguna Tik Tok Shop dengan menyajikan informasi baru dan relevan.
Keywords: Celebrity Endorsement, Harga, Minat Beli
ABSTRACT
Tiktok is a social networking platform that is currently trending in the modern era. Tiktok a new media platform launched in 2016 by Chinese company ByteDance that initially provided a platform for individuals to express and hone their talents through video content. Currently Tiktok is introducing additional features that are useful for online businesses. The purpose of this study was to analyse the effect of Celebrity Endorsement and price on consumer buying interest. This type of research is quantitative. The data collection procedure is a questionnaire. The population of this study consists of TikTok Shop users in the Surakarta area. The Slovin formula was used to calculate the sample size, which was 100 respondents. The sample technique used is non-probability sampling with accidental sampling and purposive sampling. Smart PLS 3.0 was used to analyse the data in this study. The results of this study indicate that celebrity endorsement has a positive and significant effect on consumer buying interest. Price has a positive and significant influence on consumer buying interest. This research contributes to the field of ecommerce, especially for Tik Tok Shop users by presenting new and relevant information.
References
Amrullah, A., & Siburian, PS, Zainurossalamia, S. (2016). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda. KINERJA, 13(2), 99–118.
Fakhrudin, M. (2016). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Truk Coltdiesel Mitsubishi Fuso Canter di Kabupaten Mojokerto. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 4(2).
Febriani, N., & Dewi, W. (2018). Teori dan Praktis: Riset Komunikasi PemasaranTerpadu. UB Press.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. . (2016). Manajemen Pemasaran (15th ed).
Krismanita, E., Wiska, M., & Pruwanto, K. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Konsumen pada E-Commerce Shopee. Jurnal Revolusi Indonesia, 2(2).
Nurrahmanto, P. (2015). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemudahan Penggunaan, Kenikmatan Berbelanja danKepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Konsumen di Situs Jual Beli Onlinebukalapak.com. Jurnal Manajemen Diponegoro, 4, 1–12.
Parengkuan, & Dkk. (2014). Analisis Pengaruh Brand Image dan SelebritiPengesahan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampo Head AndBahu Di 24 Mart Manado. Jurnal EMBA, 2(3).
Putra, D. S., Yulianti, F., & Abdurrahim. (2022). Pengaruh Celebrity Endorsemen Dan Brand Awareness Terhadap Minat Pembelian Produk E- Commerce Tokopedia Di Banjarmasin. Prosiding Penelitian Dosen UNISKA MAB, 1.
Royan, F. (2004). Marketing Celebrities. PT. Elex Media Komputindo.
Sandesta, M., & Isiyanto, B. (2022). Analisis Celebrity Endorsment, Presepsi Harga dan Electronic Word Of Mouth terhadap Minat Beli Pada Aplikasi Shopee. Edunomika, 06(01), 455–463.
Sari, V., & Suryoko, S. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Teh Siap Minum dalam Kemasan Teh Botol Sosro (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Fisip Undip Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(3), 453–464.
Sertoglu, Ermec, A., & Dkk. (2014). Mengkaji Pengaruh Endorsement Credibility Terhadap Pembelian KonsumenNiat: Sebuah Studi Empiris di Turki. Tinjauan Internasional Manajemen Dan Pemasaran, 4(1), 66–77. http://www.acarindex.com/dosyalar/makale/acarindex- 1423904541.pdf
Setiawan, D., & Maskan, M. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Semoga Jaya Kediri. Jurnal Aplikasi Bisnis, 3(2), 62–67.
Shimp, T. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi. Salemba Empat.
Sumaa, S., Soegoto, A. S., & Samadi, R. L. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Iklan Media Sosial Terhadap Minat Beli Di E-Commerce Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 304–313. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/36229
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (3rd ed.). Andi offset.
Tusanputri, A. F., & Amron, A. A. (2021). Pengaruh Iklan dan Program Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian Pada Platform E-Commerce TikTok Shop. Jurnal Forum Ekonomi, 23(4), 632–639.
Wardhana, H., Wahab, Z., Shihab, M., & Yuliani, Y. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Dan Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Konsumen: Studi Pada E-Commerce Zalora dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi. Koopetisi: Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(3), 431–446.
Wisnu Wardhana, H., Wahab, Z., Saggaff Shihab, M., & Yuliani, Y. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Dan Celebrity Endorsemen Terhadap Minat Beli Konsumen. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(3), 431–446. https://doi.org/10.32670/coopetition.v12i3.627
Yustina, T., & Andarini, S. (2022). Pengaruh Sosial Media Marketing dan Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Produk Scarlett Whitening pada Aplikasi Tiktok. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 13(2), 163–168. http://repository.upnjatim.ac.id/6077/2/18042010033.-bab 1.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Media Wahana Ekonomika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the publisher of the journal licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License in line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.