Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Di Kecamatan Sematang Borang

Authors

  • Masagus Ahmad Ibrahim Wanda Universitas PGRI Palembang
  • Happy Fitria Universitas PGRI Palembang
  • Mulyadi Mulyadi

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v20i2.12729

Abstract

ABSTRAK

 

Pada penelitian menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, untuk melihat/mengetahui apakah ada pengaruh antara variabel independent/bebas dengan variabel dependen/terikat setelah melakukan uji hipotesis.  Penelitian memakai adalah semua kepala sekolah dan guru, berjumlah 95 orang yang dijadikan sebagai populasi sekaligus sampel penelitian. Penelitian ini menghasilkan nilai koefisien regresi variabel kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Di mana hasil ini mendukung hipotesis yang diajukan dimana terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh regresi linier sederhana (Uji-t) yaitu (3.811 > 1.9863 atau  thitung   ttabel ), dan juga disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Hal ini sejalan dengan hipotesis yang telah diajukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara displin kerja terhadap kinerja guru. Hal ini ditunjukkan dari hasil yang diperoleh dari hasil regresi linier sederhana (Uji-t) yaitu diperoleh (2.842 > 1.9863 atau  thitung   ttabel ).  Kemudian hasil regresi linier berganda (Uji-F) yaitu menunjukkan nilai Fhitung sebesar 16.439 lebih besar dari Ftabel 3.10 menyatakan kinerja guru dipengaruhi simultan variabel independen (kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja), dengan tingkat signifikansi senilai 0.000 <0.05. Berpengaruhnya kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja berkontribusi kepada kinerja guru bernilai 0,247 atau 24,7%.

 

Kata kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin Kerja, Kinerja Guru

 

ABSTRACT

 

The research uses descriptive analysis method with a quantitative approach, to see/find out whether there is an influence between the independent/free variables and the dependent/dependent variable after testing the hypothesis. The study used all school principals and teachers, totaling 95 people who were used as the population as well as the research sample. This study produces a regression coefficient value of the principal's leadership variable that has a significant effect on teacher performance. Where these results support the hypothesis put forward where there is a significant influence between the principal's leadership on teacher performance. This can be seen from the results obtained by simple linear regression (t-test), namely (3.811 > 1.9863 or tcount table), and also work discipline which has a significant effect on teacher performance. This is in line with the hypothesis proposed that there is a significant influence between work discipline on teacher performance. This is shown from the results obtained from the results of simple linear regression (t-test), namely (2.842 > 1.9863 or tcount ttable). Then the results of multiple linear regression (F-test), which shows an Fcount value of 16,439 greater than Ftable 3.10 states that teacher performance is influenced by simultaneous independent variables (leadership of the principal and work discipline), with a significance level of 0.000 <0.05. The influence of the principal's leadership and work discipline contributes to teacher performance worth 0.247 or 24.7%.

 

Keywords: Principal Leadership, Work Discipline, Teacher Performance

References

Arikunto, S. 2016. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bangun, W. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Erlangga

Gabriella, P, Hendy, T. 2019. Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMAN 8 Bekasi. Seminar Nasional Sains & Teknologi Informasi (SENSASI). http://seminar-id.com/prosiding/index.php/sensasi/article/view/281 (Diunduh tanggal 2 Oktober 2021).

Hadari, N. (2005). Metodologi penelitian bidang sosial. Yogyakara: Gadjah mada Press.

Hakim, H. 2017. Pengaruh Etos Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Efektivitas Kerja Guru Di SMK Teknik Dipanegara Tebing Tinggi. Wahana Inovasi, Vol. 6 No. 2. http://penelitian.uisu.ac.id/wp-content/uploads/2018/06/27.-Habib-Hakim.pdf (Diunduh tanggal 2 Oktober 2020).

Hasibuan, M.S.P. 2006. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah, Edisi Revisi, Bumi Aksara: Jakarta.

Husaini U. (2008). Manajemen, teori, praktik, dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kristiawan, M. 2017. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Lian, B., Fitria, H dan Ruslan. 2020. The Influence of Principal’s Situational Leadership and Teacher’s Performance. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), Vol. 20, No.1.

Mangkunegara, A.A. 2000. Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, J.L. (2007). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2004). Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E. 2013. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Ngiode, S. 2016. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru MTs.N Batudaa Kabupaten Gorontalo. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume 4, Nomor 2.

http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/446 (Diunduh tanggal 2 Oktober 2021).

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 18 Tahun 2007 Tentang Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan.

Santoso, Slamet. 2013. Statistika Ekonomi plus Aplikasi SPSS. Ponorogo: Umpo Press.

Sardiman. 2007. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Gramedia

Persada.

Sinambela, L.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sinambela, L.P. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Ketiga. Jakarta: Bumi Aksara.

Sedarmayanti, M. 2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung Mandar Maju.

Slamet, A. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sulistyo, A., Wisnu, W. 2015. Meningkatkan Kinerja Guru Ditinjau Dari Kedisplinan dan Motivasi Kerja Guru di SD Negeri X Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Surakarta.

Supardi. 2013. Kinerja Guru. Depok: Rajawali Pers.

Wahjosumidjo. 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan

Permasalahannya. Depok: Rajawali Press.

Wasistiono, S. 2002. Penyelewengan Pemerintah Daerah. Bandung: Al-Qaprint.

Downloads

Published

2023-07-30