Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga, Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Preloved Di Thriftshop Online Instagram (Studi Pada Konsumen @kenangan.mantann Di Kota Kendal)

Authors

  • Vika Ulfiana Latifah Universitas Stikubank Semarang
  • Ali Maskur Universitas Stikubank Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v20i2.12733

Abstract

ABSTRAK

Riset ini mempunyai tujuan guna menganalisi dampak Brand Image, Persepsi Harga, serta Lifestyle pada keputusan pembelian pada Thriftshop @Kenangan.mantann. Populasi pada kajian ini ialah konsumen thriftshop @kenagan.mantann yang tinggal dikota Kendal dengan total sampel sebanyak 100 responden yang memakai pakaian preloved di thriftshop @kenangan.mantann. Penggumpulan informasi pada risrt ini memakai kuesioner dengan media Google Form. Kajian ini menerapkan metode analisa Regresi linier berganda. Riset ini bisa disimpulkan: Brand Image, Persepsi Harga dan Lifestyle mempunyai dampak positif serta signifikan pada keputusan Pembelian. Dampak paling besar pada keputusan pembelian ada pada variabel brand image dibandingkan dengan persepsi harga dan Lifestyle.

Kata kunci : Brand Image, Persepsi Harga, Lifestyle, Keputusan Pembelian

 

ABSTRACT

This research aims to analyze the impact of Brand Image, Perceived Price, and Lifestyle on purchasing decisions at Thriftshop @Kenangan.mantann. The population in this study are thriftshop @kenagan.mantann consumers who live in the city of Kendal with a total sample of 100 respondents who wear preloved clothes at thriftshop @kenangan.mantann. The collection of information in this research uses a questionnaire with the media Google Form. This research utilizes the technique of multiple linear regression analysis. This research can be concluded: Brand Image, Perceived Price and Lifestyle have a positive and significant impact on Purchase Decision. The biggest impact on purchasing decisions is on brand image variables compared to price perceptions and Lifestyle.

Keywords: Brand Image, Perceived Price, Lifestyle, Purchase Decision

References

Agustin, M.D.,H & Devita, E.(2019) Country of origin and brand image on purchase decision of south Korea Cosmetic etude house. Jurnal Of Management and Business Environment, 1(1)

Andriani, A.D., &Srihandayani, C.M. (2021) Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Pakaian bekas import di tempat Biasa Thrift Store Surabaya. Jurnal Of Sustainability Bussiness Research (JSBR), 2(1), 194 – 207

Anggraeni, A.R., &Soliha, E. (2020) Kualitas Produk Citra Merek dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al Tijarah, 6(3), 96 – 107.

Anwar, M., & Andrean, D.(2021, January). The effect of perceived Quality, Brand Image, and Price Perception on Purchase Decision. In 4th International Conference on Sustainable Innovation 2020 – Acconting and Management (ICoSIAMS 2020)(PP. 78-82) Atlantis press

Bramantya, Y.B., & Jatra, I.. (2016) Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhada Keputusan Pembelian Yamaha Jupiter Max Di Kota Denpasar (Doctoral dissertation, Udayana University)

Dewi, A. R.K., & Mahargiono, P. B(2020) Pengaruh Gaya Hidup Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Thrift Shop Not Bad Secoundhand. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 11(3)

Dewi, A.S., Inayati, T., & Efendi M. J (2022) Pengaruh Digital Marketing, Elektronic Word Of Mouth, dan Lifestyle terhadapa Keputusan Pembelian pada Market Place Shopee Indonesia. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, 1(111), 2020 – 209

Ghozali, I.H. (2018) Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IMBS SPSS 25 (9th ed). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Husein Umar. 2013. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali

Kotler, Philip; Amstrong, Gerry (2014) Dasar - Dasar Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum

Kotler, Philip; Keller (2016) Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta

Kusumodewi, G (2016) Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Kain Batik Morita Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 4(3)

Muharam, W., & Soliha, E. (2017) Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga dan Keputusan Pemblian Konsumen Honda Mobilio. Proseding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers Unisbank Ke-3. ISBN: 9- 787-7936-499-93

Parengkuan, V., Tumbel, A., & Wenas, R.S (2014) Analisi Pengaruh brand image celebrity endorsment terhadap keputusan pembelian produk Shampo Head and Shoulders di 24 Mart Manado. Jurnal Riset Ekonomi Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 2(3)

Prakasa, Y.B., & Tjahjaningsih, E. (2021) Pengaruh Kualitas Produk, Gaya Hidup, dan Pengetahuan Produk Terhadap Proses Keputusan Pembelian Sepeda Lipat di kota Semarang. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 4(3), 361 – 374

Rahmayanti, N.M (2021) Pengaruh brand image harga dan fashion lifestyle terhadap keputusan pembelian pakaian branded online di thriftshop online instagram: Studi kasus pada konsumen @rilyshop di kota Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya)

Sugiyono.(2018). Metode Penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono.(2019). Statistika Untuk penelitian. Bandung: CV Alfaveta

Supriyadi, S., Wiyani, W., & Nugraha, G.I. K (2017) Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4(1)

Terigan, E.D.S., Sabrina, H., &Syahputri, Y. (2020) The Influence Of Lifestyle And Sale Promotion Online Decision For Home – Cooked Culinary During Covid – 19 In Medan City, Indonesia. International Jurnal of Research and Review, 7(10), 140 – 144

Umboh, S.Q., Tumbel,A., & Soepeno, D. (2015) Analisis Kualitas Produk Brand Image dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Wanita di Missiippi Manado Ton Square. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntasi, 3(1)

Wahyudin, K., & Rachma, N. (2017) Pengaruh Pemasaran Via Online dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Three Secound pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Tahun 2013 – 2015 Universitas Islam Magelang. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 6(07)

Wahyuni, R., & Irfani, H. (2019) Pengaruh Lifestyle Percieved Ease Of Use dan Kepercyaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Pakaian Online. Psyche 165 Jurnal, 165-173

Widiantari,D.A (2020) Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Toko Busana Muslim IDDA Fashion (Studi Kasus Masyarakat Pasuruan yang membeli pakaian pada Toko dissertation, STIE Malangkucecwara

www.instagram.com

Downloads

Published

2023-07-30