Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli (Studi kasus pada pengguna produk wardah kosmetik di Kota Kendal)
DOI:
https://doi.org/10.31851/jmwe.v20i2.12734Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kosmetik Wardah di Kendal, dipengaruhi oleh endorsement selebriti. Konsumen yang tertarik untuk membeli kosmetik wardah merupakan demografi penelitian ini. Seratus orang disurvei secara keseluruhan. Regresi linier berganda digunakan dalam metodologi ini. Studi ini menemukan bahwa kualitas produk dan dukungan selebriti secara signifikan meningkatkan keinginan konsumen untuk membeli produk yang diteliti. Ketertarikan terhadap kosmetik Wardah tidak berkorelasi dengan persepsi konsumen terhadap merek.
Kata kunci : kualitas produk,citra merek,celebrity endorser,minat beli.
ABSTRACT
The goal of this research is to analyze how product quality, brand image, and celebrity endorsements all work together to affect sales of wardah cosmetics in Kendal. Participants in the research are made up of those who have shown an interest in buying wardah cosmetics. In all, one hundred persons were asked their opinion. This approach relies on multiple linear regression. This study found that both product quality and celebrity endorsements significantly increased consumers' desire to buy the studied products. Interest in Wardah cosmetics does not correlate with consumers' perceptions of the brand.
Keywords: product quality, brand image, celebrity endorser, purchase intention.
References
Andi, A., Suryono, S., Al Hafis, P., & Hendri, H (2020). Pengaruh celebrity endorsemen, kualitas produk desain produk terhadap minat beli Smartphone Asus pada mahadiswa Pelita Indonesia, Procuratio : Jurnal Ilmiah
Anggi, V. F.,& Soesanto,H. (2016). Analisis Pengaruh Iklan Televisi Celebrity Endorsmen, Kualitas Produk dan Citra merek terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kosmetik Berlabel “Wardah” (studi kasus pada mahasiswa UN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Ashidiq, N.W.I.R. (2022). Pengaruh Celebrity Endiorsemen Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Scarlett Whitening (Doctoral dissetation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Aprilliana, D. (2021) Pengaruh Kualitas Produk,Harga,Celebrity Endorsemen dan Brand Image terhadap Minat Beli Kosmetik Emina di Kota Palembang (studi kasus pada Mahasiswa Multi Data Palembang (Doctoral dissertation, STIE Multi Data Palembang).
Dhaefina,Z.,AR,M.N.,Pirmansyah,P.,& Sanjaya, V.F.(2021). Pengaruh Celebrity Endorsement,Brand Image,dan Testimoni terhadap minat beli konsumen produk mie instan lemonilo pada media sosial instagram.jurnal manajemen, 1(1) 43-48.
Fauzy, S.,N,A Nurhidayah,N.,&Dianawati, E (2022) Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Celebrity Endorsemen terhadap minat beli pada produk MS Glow (studi kasus pada mahasiswa FEB UNISMA ankatan 2018) E-JRM : Elektronik Jurnal Riset Manajemen,12 (01).
Febrianti, W.,& Hasan,R.(2022) Impact of Product Quality and Brand Image Towards Buying Decisions With Buying Interest as mediation Variabele.Journal Research of Social,Science,Economics,and management,1 (11), 1899-1912.
Feny, W.R.,& Sutedjo,B (2022) Pengaruh Celebrity Endorsement,Citra merek dan Kepercayaan Merek terhadap Minat Beli (Studi pada konsumen skincare Ms Glow Beautyhome di Demak). SEIKO: Jornal of Management & Business 5 (1), 168-181.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Badan Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivarate Dengan Program IBM SPSS 25. 9 ed Semarang : Badan Universitas Diponegoro.
Murti, B.N.,&Ph.Y.S. (2014). Analisis Pengaruh Ikla dan Celebrity Endorsmen terhadap Citra Merek dalam meningkatkan Minat Beli pada produk sepatu olahraga Adidas (studi pada warga kelurahan Banyumanik, Kecamatan Banyumanik), Diponegoro jurnal of managemen.
Hidayah, N.,& Yulian dan, L. (2020). Pengaruh Beauty Vlogger, Citra Merek dan Label Halal Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Wardah. JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi , 12 (1), 65-76.
Hulu, P,. I.W (2018). Pengaruh Celebrity Endorsement terhadap Minat Beli dengan Citra Merek Produk Kecantikan Wardah IPB.
Husein, A.,Zulkarnain, Z.,& Taufiqurrahman, T. (2017). Analisis Pengaruh Iklan dan Celebrity Endorsment Terhadap Citra Merek dalam Meningkatkan Minat Beli Shampoo Pentene pada masyarakat kota pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).
Krisdayanti, Hana ; Arini,Eti. Pengaruh daya tarik citra merek, keahlian dan celebrity endorsemen terhadap minat beli. Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains.Vol.2022.
Lestari, I. (2020). Pengaruh Brand Ambassador Label Halal dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Wardah di Semarang. Skripsi Universitas Semarang.
Prawira, B.,& Yasa, N.N.K. (2014). Pengaruh Kualitad Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Samsung di kota Denpasar. E-Jurnal Manajeme Universitas Udayana, 3 (12),253856
Putri, R.M.,& Istiyanto, B (2021).Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Celebrity Endorsment Terhadap Minat Beli Produk Scarlett Whitening (studi kasus pada perempuan di Surakarta) Jurnal Ekobis Dewantara Vol,4(2).
Ramlawati, R.,& Lusyana, E. (2020). Pengaruh Celebrity Endorsement dan Citra Merek terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Wardah pada Mahasiswa HPMM Cabang Maiwa di Makassar Jurnal Manajemen dan Organisasi Review (manor) 2(1), 65-75.
Suhardi, D.,& Irmayanti,R (2019).Pengaruh Celebrity Endorsment Cira Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Minat Beli konsumen.Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 3 (1), 53-62.
Tutia, Ira : Najib, Moh Fand. Pengaruh Citra Merek dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Sport Hijab. In : Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar 2019. P. 697-705.
Qonita, A,& UST, A.F.E. (2018). Analisis Pengaruh Iklan, Celebrity Endorsemen, dan Citra Merek terhadap Minat beli Wardah kosmetik (survei pada calon konsumen wardah kosmetik wardah kosmetik complek pondok pesantren Mulungan Wetan, Mlati,Sleman,DIY) Jurnal Ekobis Dewantara, 1 (18).
Zulfiana, F.A., Hidayati, N.,&Athia, I (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Celebrity Endorsmen Terhadap Minat Beli pada Produk ScarletWhaitening (studi kasus pada mahasiswa FEB Unisma angkatan 2018-2021). Jumlah Ilmiah Riset Manajemen,11(05).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Media Wahana Ekonomika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the publisher of the journal licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License in line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.