Pengaruh Disiplin Kerja Dan Tipe Kepribadian Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Palembang

Authors

  • Ahmad Setyadi
  • Santi Puspita
  • Ninin Non Ayu Salmah
  • Muhammad Najib

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v21i1.12797

Keywords:

Disiplin Kerja, Tipe Kepribadian

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja terhadap kualitas pelayanan publik, untuk mengetahui tipe kepribadian terhadap kualitas pelayanan publik, dan untuk mengetahui disiplin kerja dan tipe kepribadian secara bersama- sama terhadap kualitas pelayanan publik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palembang. Metode penelitian ini adalah jenis data kuantitatif asosiatif yang diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan kepada pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan sipil Kota Palembang sebagai instrumen penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam peneliitian ini yaitu melakukan uji normalitas, uji multikolinieritas, serta uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa disiplin kerja dan tipe kepribadian berpengaruh secara parsial terhadap kualitas pelayanan publik, selain itu disiplin kerja dan tipe kepribadian juga berpengaruh secara Bersama-sama terhdap kualitas pelayanan publik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palembang.

 

Kata Kunci: Disiplin Kerja, Tipe Kepribadian, Kualitas Pelayanan Publik.

 

ABSTRACT

 

The purpose of this study was to determine the effect of work discipline on the quality of public services, to determine personality types on the quality of public services, and to determine work discipline and personality types together on the quality of public services for the Population and Civil Registry Office of Palembang City. This research method is a type of associative quantitative data obtained through questionnaires distributed to employees of the Palembang City Population and Civil Registry Service as a research instrument. The data analysis technique used in this research is the normality test, multicollinearity test, and heteroscedasticity test. The results of this study partially work discipline variables have a significant effect on the quality of public services of the Palembang City Population and Civil Registry Office, partially the personality type variable has a significant effect on the quality of public services on the Palembang City Population and Civil Registry Service, simultaneously the work discipline variables and personality types have an effect significantly to the quality of public services of the Palembang City Population and Civil Registry Service.

 

Keywords : Work Discipline, Personality Type, Quality of Public Service.

References

Damanik, J. B., Hasyim, Pratiwi, N., Butarbutar, M., Purba, E. F., Suyuthi, N. F., & Syukriah, E. A. (2023). Pengantar Manajeimen Pelayanan Publik. Yayasan Kita Menulis.

Ifra. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja Pegawai Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Pada Kelurahan Pentojangan Kota Palopo.

Irfan. (2019). Analisis Pengaruh Kepribadian, Disiplin, dan Komunikasi Aparatur Sipil Negara Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintahan Kota Pamatangsiantar, Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah.

Manalu, T. R., Winarto, & Nadapdap, K. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pegawai Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Orindo Alam Ayu Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi.

Mohtar, I. (2019). Hubungan Antara Motivasi Kerja dan Pengalaman kerja Dengan Kinerja Gurui Madrasah. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Mulyawan, R. (2016). Birokrasi dan Pelayanan Publik. Jawa Barat: UNPAD PRESS.

Nurhasanah & Indrajit (2021). Parenting 4.0 Mengenali Pribadi dan Potensi anak Generasi MultipleIntelligence. Yogyakarta: ANDI

Pradana, Kismartini, Aripin (2022). Pengaruih Kompetensi Pegawai, Disiplin Kejra, dan Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Bea Cukai Madiun. Jurnal Ilmiah Indonesia

Purba, Triono, Fauzan., dkk. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia Konsep dan Teori. Padang: PT. Global Eksekutif Teknoligi

Qomariyah & Kurniawan (2021). Kualitas dan Strategi Pelayanan KSPPS BMT PETA Cabang Jombang. Jombang: LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbulla.797

Rahmati, I., Aprillia, D., & Sa'adah, L. (2020). Faktor Kompensasi, Motivasi, dan Displin Kerja Serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jombang: LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2015). Perilaku Organisasi. Selemba Empat.

Sapri, Mustanir, Darman. (2020). Pelayanan Publik Impelementasi dan Aktualisasi. Jawa Timur: QIARA MEDIA

Sianipar. (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan Constomer Relation Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Mall Ska Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Komunikasi. 6

Sinambela, L. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Membangun Tim Kerja yang Solid untuk Meningkatkan KInerja. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Singgih, D. G. (2017). Pengantar Psikologi. Jakarta: Mutiara.

Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian dan Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sulaksana. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pada Kepuasan Konsumen Bengkel Global Motor Center Yogyakarta. Jurnal Fakultas Ekonomi. 19-23

Sumarwan. (2014). Perilaku Konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sutrisno, E. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Yanti, F. (2018). Pengaruh Kompetensi, Kepribadian dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Wahana Lilin, Musi. Jurnal Manajemen.

Yolanda & Rosy. (2022). Pengaruh Komunikasi dan Kepribadian Terhadap Kepuasan Masyarakat Melalui Kualitas Pelayanan Pegawai Kantor Desa Driyorejo, Jawa Timur. Jurnal Manajemen sumber Daya Manusia.

Downloads

Published

2024-05-02