Pengaruh Disiplin Kerja Dan Tipe Kepribadian Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31851/jmwe.v21i1.12797Keywords:
Disiplin Kerja, Tipe KepribadianAbstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja terhadap kualitas pelayanan publik, untuk mengetahui tipe kepribadian terhadap kualitas pelayanan publik, dan untuk mengetahui disiplin kerja dan tipe kepribadian secara bersama- sama terhadap kualitas pelayanan publik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palembang. Metode penelitian ini adalah jenis data kuantitatif asosiatif yang diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan kepada pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan sipil Kota Palembang sebagai instrumen penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam peneliitian ini yaitu melakukan uji normalitas, uji multikolinieritas, serta uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa disiplin kerja dan tipe kepribadian berpengaruh secara parsial terhadap kualitas pelayanan publik, selain itu disiplin kerja dan tipe kepribadian juga berpengaruh secara Bersama-sama terhdap kualitas pelayanan publik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palembang.
Kata Kunci: Disiplin Kerja, Tipe Kepribadian, Kualitas Pelayanan Publik.
ABSTRACT
The purpose of this study was to determine the effect of work discipline on the quality of public services, to determine personality types on the quality of public services, and to determine work discipline and personality types together on the quality of public services for the Population and Civil Registry Office of Palembang City. This research method is a type of associative quantitative data obtained through questionnaires distributed to employees of the Palembang City Population and Civil Registry Service as a research instrument. The data analysis technique used in this research is the normality test, multicollinearity test, and heteroscedasticity test. The results of this study partially work discipline variables have a significant effect on the quality of public services of the Palembang City Population and Civil Registry Office, partially the personality type variable has a significant effect on the quality of public services on the Palembang City Population and Civil Registry Service, simultaneously the work discipline variables and personality types have an effect significantly to the quality of public services of the Palembang City Population and Civil Registry Service.
Keywords : Work Discipline, Personality Type, Quality of Public Service.
References
Damanik, J. B., Hasyim, Pratiwi, N., Butarbutar, M., Purba, E. F., Suyuthi, N. F., & Syukriah, E. A. (2023). Pengantar Manajeimen Pelayanan Publik. Yayasan Kita Menulis.
Ifra. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja Pegawai Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Pada Kelurahan Pentojangan Kota Palopo.
Irfan. (2019). Analisis Pengaruh Kepribadian, Disiplin, dan Komunikasi Aparatur Sipil Negara Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintahan Kota Pamatangsiantar, Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah.
Manalu, T. R., Winarto, & Nadapdap, K. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pegawai Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Orindo Alam Ayu Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi.
Mohtar, I. (2019). Hubungan Antara Motivasi Kerja dan Pengalaman kerja Dengan Kinerja Gurui Madrasah. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.
Mulyawan, R. (2016). Birokrasi dan Pelayanan Publik. Jawa Barat: UNPAD PRESS.
Nurhasanah & Indrajit (2021). Parenting 4.0 Mengenali Pribadi dan Potensi anak Generasi MultipleIntelligence. Yogyakarta: ANDI
Pradana, Kismartini, Aripin (2022). Pengaruih Kompetensi Pegawai, Disiplin Kejra, dan Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Bea Cukai Madiun. Jurnal Ilmiah Indonesia
Purba, Triono, Fauzan., dkk. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia Konsep dan Teori. Padang: PT. Global Eksekutif Teknoligi
Qomariyah & Kurniawan (2021). Kualitas dan Strategi Pelayanan KSPPS BMT PETA Cabang Jombang. Jombang: LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbulla.797
Rahmati, I., Aprillia, D., & Sa'adah, L. (2020). Faktor Kompensasi, Motivasi, dan Displin Kerja Serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jombang: LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2015). Perilaku Organisasi. Selemba Empat.
Sapri, Mustanir, Darman. (2020). Pelayanan Publik Impelementasi dan Aktualisasi. Jawa Timur: QIARA MEDIA
Sianipar. (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan Constomer Relation Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Mall Ska Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Komunikasi. 6
Sinambela, L. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Membangun Tim Kerja yang Solid untuk Meningkatkan KInerja. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Singgih, D. G. (2017). Pengantar Psikologi. Jakarta: Mutiara.
Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian dan Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sulaksana. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pada Kepuasan Konsumen Bengkel Global Motor Center Yogyakarta. Jurnal Fakultas Ekonomi. 19-23
Sumarwan. (2014). Perilaku Konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sutrisno, E. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.
Yanti, F. (2018). Pengaruh Kompetensi, Kepribadian dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Wahana Lilin, Musi. Jurnal Manajemen.
Yolanda & Rosy. (2022). Pengaruh Komunikasi dan Kepribadian Terhadap Kepuasan Masyarakat Melalui Kualitas Pelayanan Pegawai Kantor Desa Driyorejo, Jawa Timur. Jurnal Manajemen sumber Daya Manusia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Media Wahana Ekonomika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the publisher of the journal licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License in line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.