Pengaruh Kualitas Layanan dan Keluhan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. PLN (Persero) ULP Ampera Palembang

Authors

  • Susanti Susanti
  • Edduar Hendri
  • Erfan Robyardi

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v21i3.12859

Abstract

ABSTRAK

Penelitian bertujuan mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas layanan dan keluhan pelanggan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. PLN (Persero) ULP Ampera Palembang. penelitiain ini menggunaikain metode penelitiain Aisosiaitif/kuaintitaitif untuk mengukur vairiaibel bebais dain vairiaibel terikait. Populasi dan sampel dalam penelitian ini pelanggan yang diberikan pelayanan sebanyak 29.738 oraing pelanggan rumah tangga tarif 900 Va di PT. PLN (Persero) ULP Aimperai Palembang. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan data perhitungan statistik secara simultan atau bersama-sama antara variabel Kualitas Layanan (X1) dan Keluhan Pelanggan (X2) Terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) di peroleh nilai signifikan 0,000 < 0,05. Maka dapat di simpulkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh signifikan antara  Kualitas Layanan (X1) dan Keluhan Pelanggan (X2) Terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) pada PT. PLN (Persero) ULP Ampera Palembang.

Kata Kunci: Kualitas layanan, Keluhan Pelanggan, Kepuasan Pelanggan.

 

ABSTRACT

The study aims to determine the extent of the influence of service quality and customer complaints on customer satisfaction at PT. PLN (Persero) ULP Ampera Palembang. This research utilized an Associative/Quantitative research method to measure the relationships between independent and dependent variables. The population and sample for this study were 29,738 customers from household tariff 900 VA category who received services from PT. PLN (Persero) ULP Ampera Palembang. Data collection techniques involved the use of questionnaires and documentation. Based on statistical calculations, a simultaneous or combined analysis of the variables Service Quality (X1) and Customer Complaints (X2) towards Customer Satisfaction (Y) resulted in a significant value of 0.000 < 0.05. Therefore, it can be concluded that there is a simultaneous significant influence between Service Quality (X1) and Customer Complaints (X2) towards Customer Satisfaction (Y) at PT. PLN (Persero) ULP Ampera Palembang.

Keywords : Service Quality, Customer Complaints, Customer Satisfaction.

References

Barokah , I., Sularso, A., & Handiana, T. (2020). Manajemen Pemasaran Pariwisata dan Indikator pengukuran. Yogyakarta: Samudra Biru.

Candrianto. (2021). Kepuasan Pelanggan Suatu Pengantar. Malang: Literasi Nusantara.

Kurniasih, D. (2021). Kepuasan Konsumen. Banten: Bintang Sembilan Visitama

Muspiha. (2023). Platfrom Digital Harga , Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan. malang: Rena Cipta Mandiri.

Putri, R., & Rosmalia, D. (2022). Metodologi Penelitian Sosial. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Riyanto, S. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian dibidang Manajemen, Teknik , Pendidikan, dan Eksperimen Yogyakarta : Deepublish.

Rohaeni, h., & marwa, n. (2018). Andrian , Nursal, F. M., Hadita, & Jayawardana. (2022). Manajemen Pemasaran. Bandung:

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D . Bandung : Alfabeta Bandung.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: Alfabeta.

Suleman, D. (2022). Manajemen Pemasaran diera Digital ( Konsep dan Strategi) . Solok : Insan Cendekia Mandiri.

Downloads

Published

2024-10-30