ANALISIS SERTIFIKASI DOSEN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA DOSEN PADA UNIVERSITAS SWASTA DI KOTA PALEMBANG

Authors

  • Suhada - Suhada
  • Nisa' Ulul Mafra
  • Santi - Puspita

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v14i2.1301

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis dan menganalisis pengaruh sertifikasi dosen dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja dan kinerja dosen pada Universitas Swasta di Kota Palembang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 560 orang dosen Universitas Swasta di Kota Palembang yang telah menerima sertifikasi dosen, sedangkan sampel data berjumlah 85 orang dosen. Analisis data penelitian menggunakan metode statistik deskriptif dan inferensial. Model analisis menggunakan Path Analysis (analisis jalur) dengan komposisi sub-struktur : Sertifikasi dosen dan Motivasi Kerja sebagai variabel eksogen dan Kepuasan Kerja sebagai variabel endogen. Selanjutnya komposisi struktur terdiri dari Sertifikasi dosen,  Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja sebagai variabel eksogen dan Kinerja Dosen sebagai variabel endogen.

Kesimpulan secara umum adalah : (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan sertfikasi dosen dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja dosen Universitas Swasta di Kota Palembang.  Hal ini ditunjukkan dengan persamaan sub-struktural : kepuasan kerja = 0,365 sertifikasi dosen + 0,211 motivasi kerja. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan sertfikasi dosen, motivasi kerja dan kepuasan kerja secara bersama-sama terhadap kinerja dosen Universitas Swasta di Kota Palembang.  Hal ini ditunjukkan dengan persamaan struktural : kinerja dosen = 0,426 sertifikasi dosen + 0,211 motivasi kerja + 0,210 kepuasan kerja.

Untuk meningkatkan kepuasan kerja dosen, dapat dilakukan dengan meningkatkan sertifikasi dosen terlebih dahulu, baru setelah itu motivasi kerja. Kemudian untuk meningkatkan kinerja dosen, dapat dilakukan dengan meningkatkan sertifikasi dosen terlebih dahulu, kemudian kepuasan kerja dan baru setelah itu motivasi kerja.

Kata Kunci :    Sertfikasi Dosen, Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja dan Kinerja Dosen.


Downloads

Published

2017-11-14