STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN LOGAM MULIA PADA PT. PEGADAIAN (PERSERO) CABANG PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/jmwe.v14i2.1307Abstract
       PT. Pegadaian (Persero) Cabang Palembang dalam aktivitas penjualan produk logam mulia telah melakukan strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan yang ketat dengan lembaga keuangan lainnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : Bagaimana strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan penjualan logam mulia pada PT. Pegadaian ( Persero ) Cabang Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran PT Pegadaian (Persero) Cabang Palembang.
           Populasi dalam penelitian ini adalah data penjualan logam mulia, dan strategi pemasaran.. Sampel dalam penelitian ini adalah data penjualan tahun 2013 – 2016, dan strategi pemasaran.Tekhnik pengumpulan data menggunakan data primer ( observasi, wawancara ) dan data sekunder ( studi kepustakaan, dokumentasi ). Metode penelitian adalah deskriptip kualitatif. Penelitian ini membahas tentang strategi pemasaran logam mulia pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Palembang dengan menggunakan analisis SWOT.
           Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran Logam Mulia PT. Pegadaian ( Persero) Cabang Palembang yaitu dengan menggunakan strategi bauran pemasaran 6P (Marketing Mix) yaitu : Strategi Produk (Product strategy), Strategi Harga (Price strategy), Strategi Promosi (Promotion strategy),Strategi Tempat (Placestrategy), Strategi Orang (People strategy), Strategi Proses (Process strategy). Hasil analisi SWOT dari strategi pemasaran logam mulia PT. Pegadaian (Persero) Cabang Palembang : 1). SO, yaitu mengutamakan pelayanan yang baik dan memperbanyak kantor unit cabang pembantu, 2). WO yaitu meningkatkan promosi dan meningkatkan fasilitas kerja, 3).ST yaitu menentukan lokasi UPC yang strategis dan menjamin keamanan dan keaslian Logam mulia, 4). WT yaitu meningkatkan kinerja dan mensejahterakan pegawai.
Â
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Penjualan
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the publisher of the journal licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License in line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.