Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan PDAM Tirta Musi Kantor Unit Seberang Ulu II Kota Palembang

Authors

  • Ahmad Fatqur Hady
  • Erdiansyah Erdiansyah
  • Agus Mulyani
  • Ilhamsyah Ilhamsyah

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v20i3.13440

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kualitas pelayanan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Kantor Unit Seberang Ulu II Kota Palembang (2) faktor penghambat dan pendukung pegawai layanan pada Kantor Unit Seberang Ulu II Kota Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jumlah sampel 80 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tehnik observasi dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini adalah, (1) tidak tersedianya AC sebagai pendingin ruangan di perusahaan khususnya Kantor Unit Seberang Ulu II Kota Palembang menjadi salah satu faktor yang menjadikan masalah dalam penelitian ini, karena hal ini menjadikan pelanggan tidak nyaman pada saat berada di ruangan. (2) kurangnya pegawai lapangan juga menjadi masalah dalam penelitian ini, karena hal tersebut menjadi faktor penghambat pegawai dalam memberikan perbaikan maupun pemasangan PDAM baru. Sedangkan faktor pendukung dalam penelitian ini adalah para pegawai layanan pada Kantor Unit Layanan Seberang Ulu II bisa memberikan pelayanan yang baik dengan didukung oleh semua karyawan yang ditempatkan pada bagian pelayanan sudah terlebih dahulu diberikan pelatihan supaya bisa melayani pelanggan dengan baik dan benar, serta adanya sarana prasarana menjadikan pegawai lebih cepat dalam memberikan pelayanan.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan.

 

ABSTRACT

The purpose of this study is to determine (1) the quality of service at the Regional Drinking Water Company (PDAM) Tirta Musi, Seberang Ulu II Unit Office in Palembang City (2) the inhibiting and supporting factors for service employees at the Seberang Ulu II Unit Office in Palembang City. The method used in this study was descriptive qualitative with a total sample of 80 respondents. Data collection techniques are carried out using observation techniques and documentation.

The results of this study are, (1) the unavailability of air conditioners as air conditioners in companies, especially the Seberang Ulu II Unit Office in Palembang City is one of the factors that make problems in this study, because this makes customers uncomfortable when in the room. (2) the lack of field employees is also a problem in this study, because it is a factor hindering employees in providing repairs and installing new PDAMs. Meanwhile, the supporting factor in this study is that service employees at the Seberang Ulu II Service Unit Office can provide good service supported by all employees who are placed in the service department who have been given training in advance so that they can serve customers properly and correctly, as well as the existence of infrastructure to make employees faster in providing services.

Keywords : Quality Of Service.

References

Lupiyoadi (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Untuk Mengevaluasi Kualitas Jasa Pelanggan Umumnya Menggunakan 5 (Lima) Dimensi.

Moleong. (2018). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Chandra (2016). Dimensi Kualitas Pelayanan. Yogyakarta: CV. Andi.

Kotler dan Keller. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta Barat: PT Indeks Permata Puri Media.

Downloads

Published

2023-11-06