Pengaruh Era Digital Terhadap Perilaku Wirausaha Melalui Media Sosial Pada UMKM

Authors

  • Gugup Tugi Prihatma Universitas Serang Raya
  • Nurhayani Nurhayani universitas serang raya

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v20i4.13700

Keywords:

Digital Era, Entrepreneurial Behavior, Social era

Abstract

ABSTRAK

Perkembangan teknologi telah mengubah perilaku para wirausaha di Indonesia, terutama di era digital. Indonesia, sebagai negara berkembang, mengalami transformasi dari teknologi tradisional ke teknologi digital. Era Digital menciptakan perubahan dalam proses pemasaran, terutama bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Transformasi ini dikenal sebagai E-Marketing, yang memberikan dampak pada perilaku wirausaha, termasuk keberanian untuk menetapkan harga. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh sistem Era Digital terhadap Perilaku Wirausaha melalui pemanfaatan Social Media. Populasi penelitian mencakup UMKM yang menggunakan media sosial sebagai saluran pemasaran, dengan sampel sebanyak 100 UMKM yang aktif menggunakan media sosial. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda untuk mengidentifikasi hubungan antar variabel.

Kata Kunci: Pemasaran Digital, Perilaku Wirausaha, Media Sosial.

 

ABSTRACT

The development of technology has transformed the behavior of entrepreneurs in Indonesia, particularly in a developing country experiencing the transition from traditional to digital technology (the Digital Era). The Digital Era represents a shift in the marketing processes for business players, especially Small and Medium Enterprises (UMKM). One significant change in marketing processes is known as E-Marketing, which has influenced the behavior of UMKM entrepreneurs, such as their willingness to adjust pricing strategies. This research aims to understand the impact of the Digital Era system on Entrepreneurial Behavior through Social Media. The population of this study comprises UMKM that utilizes social media for product marketing, with a sample of 100 actively using social media. Data is collected through questionnaires, and the research analyzes the relationships between variables using Multiple Linear Regression.

Keywords : Digital Era, Entrepreneurial Behavior, Social Era.

References

Adityo, Benio. 2011. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas (Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Situs Kaskus). Kaskus.

Ambar. 2017. Empat Pengaruh Media Sosial Dalam Komunikasi Dan Penjelasan Lengkap. 4 Pengaruh Media Sosial dalam Komunikasi dan Penjelasan Lengkap - PakarKomunikasi.com

Anoname. 2020. Apa itu Era Digital? Mengetahui Arti dan Dampak Era Digitalisasi. Apa itu Era Digital? Mengetahui Arti dan Dampak Era Digitalisasi - Divedigital.ID

Anoname. 2023. ChatGPT (openai.com)

Dzul. 2023. Ketahui 8 Faktor Penggunaan Media Sosial. Ketahui 8 Faktor Penggunaan Media Sosial (cerdika.com)

Churchill, JR. G. A. 2008. Basic Marketing Research (Dasar-dasar Riset Pemasaran), Penerbit : Erlangga, Jakarta.

Disparbud. 2015. Indonesia dalam upaya mendukung ASEAN Community 2015 (Studi :Social Media Mark pada Twitter Kemenparekraf RI dan Facebook Disparbud Prov. Jawa Barat), vol. 8, no. April 2014, pp. 123-138, 2015.

Fajri, Dwi Latifatul. 2022. Memahami Definisi Keuntungan dan Jenis-jenis E-Marketing. https://katadata.co.id/agung/ekonopedia/62d50e19bd4ff/memahami-definisi- keuntungandan-jenis-jenis-e-marketing

Griffin R. W. dan Elbert Ronald J. 2008. Business 8th Edition, New Jersey, Prentice Hall.

Gumilang, Ratna. 2019. Jurnal Ilm. Manaj, Coopetition. vol. 10, No. 1, pp. 9-14, 2019, Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Irfanita, Maulidia Yoga. 2020. Perilaku Kreatif Berwirausaha Di Tengah pendemi COVID-19.

Perilaku Kreatif Berwirausaha di Tengah Pandemi COVID-19 | kumparan.com

Kresna. 2021. Indikator Perilaku Kewirausahaan (Skripsi dan Teisi). Indikator Perilaku Kewirausahaan (skripsi dan tesis) – Namaha (konsultasiskripsi.com)

Latan, Hengky. 2013. Model Persamaan Sruktural Teori Dan Implementasi AMOS 21.0, Penerbit : Alfabeta, Bandung.

Marcelina, Rani. 2019. Strategi Marketing Yang Perlu Kamu Ketahui Dalam Berbisnis. https://aloharani.home.blog/2019/04/03/strategi-marketing-yang-perlu-kamu-ketahui- dalamberbisnis/

Nabila, Marsya. 2019. Pengguna Internet Di Indonesia Capai 171,17 Juta Sepanjang 2018. DailySocial.id. Survei APJII: Pengguna Internet di Indonesia Capai 171,17 Juta Sepanjang

| DailySocial.id

Philip, Kotler dan Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Erlangga. Jakarta

Philip, Kotler dan Kevin Keller. 2012. Marketing Management (Manajemen Pemasaran),Penerbit : Erlangga, Jakarta.

Putri, Vanya, K.M. 2021. Wirausaha : Definisi, Perilaku, Karakteristik dan Sifatnya. https://www.kompas.com/skola/read/2021/04/21/134647569/wirausaha-definisi- perilakukarakteristik-dan-sifatnya.

Prayitno, Aris. 2022. Pengertian digital marketing menurut para ahli (strategi - perkembangannya di Indonesia) https://www.justaris.com/pengertian-digital-marketing- menurut-para-ahlistrategi-dan-perkembangannya-di-indonesia/

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi Yang Kreatif, Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Riduwan, 2007. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian, Penerbit : Alfabeta, Bandung

Supangat. (2020). Techno preneurship Digital Content”. [Teaching Resource].

Riyanto, Andi Dwi. 2019. Hootsuite (We Are Social) : Indonesian Digital Report 2019. Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2019 – Andi Dwi Riyanto, Dosen, Praktisi, Konsultan, Pembicara: E-bisnis/Digital Marketing/Promotion/Internet marketing, SEO, Technopreneur, Fasilitator Google Gapura Digital yogyakarta

Sabattinie, Gabrella. 2020. Perilaku kreatif Berwirausaha Di Tengah Pandemi COVID-19.

Perilaku Kreatif Berwirausaha di Tengah Pandemi COVID-19 | kumparan.com

Saputra, Ardani. 2020. Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian, E-Jurnal Manaj. Univ. Udayana, vol. 9, no. 7, p. 2596, 2020, doi: 10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p07.

Supriyadi, Edy. 2014. Statistical Data Analysis SPSS + AMOS, Penerbit : In Media, Jakarta. Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran, Penerbit : Andi, Yogyakarta.

Whan AA Amri, Putra. Firdaus Putra, Saputera Denny, Dewiana Novitasari, Jainuri. 2023. Online Shop Purchase Decision: How Do Social Media Marketing, Electronic Word of Mouth (EWOM), and Lifestyle Affect?. Edumaspul: Jurnal Pendidikan. Vol 7 No 1 (2023) https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/5467

Downloads

Published

2024-01-27