Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Brand Image Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Purbasari Di Kota Batam

Authors

  • Duna Yulianti Br Rambe Universitas Putera Batam
  • Triana Ananda Rustam Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v21i1.14510

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan bahwasannya untuk mengetahui apakah seberapa jauh berpengaruhnya data variabel electronic word of mouth, brand image, dan digital marketing yang memiliki dampak penuh dan sebagian pada keputusan pembelian purbasari di kota batam. Dengan memakai metode pengumpulan data dalam bentuk kusioner, memanfaatkan kemajuan teknologi menggunakan google form dan diisi melalui link yang dibagikan. Populasi penelitian berjumlah 100 responden yang mamakai kosmetik purbasari. Teknik yang dipakai pada penelitian ini yaitu Non probability sampling ialah teknik purposive sampling. Hasil penelitian adalah electronic word of mouth berdampak positif dan parsial pada keputusan pembelian dengan nilai t hitung 3.019 serta nilai signifikansi 0,003 < 0,05 dan brand image berdampak positif dan parsial pada keputusan pembelian dengan t hitung 5.733 serta nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan digital marketing berdampak positif dan parsial pada keputusan pembelian dengan nilai t hitung 5.086 serta nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Lalu variabel electronic word of mouth, brand image dan digital marketing mempunyai dampak secara signifikan dan simultan pada keputusan pembelian purbasari di kota batam dengan nilai f hitung 24.620 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

 

Kata Kunci: Electronic Word Of Mouth, Brand Image, Digital Marketing, Keputusan Pembelian.

 

ABSTRACT

 

This research aims to find out to what extent the variable data of electronic word of mouth, brand image and digital marketing have a full and partial impact on Purbasari purchasing decisions in Batam City. By using data collection methods in the form of questionnaires, utilizing technological advances using Google forms and filling in via the shared link. The research population consisted of 100 respondents who used Purbasari cosmetics. The technique used in this research is non-probability sampling, namely a purposive sampling technique. The results of the research are that electronic word of mouth has a positive and partial impact on purchasing decisions with a t value of 3.019 and a significance value of 0.003 < 0.05 and brand image has a positive and partial impact on purchasing decisions with a t value of 5.733 and a significance value of 0.000 < 0.05 and digital marketing has a positive and partial impact on purchasing decisions with a calculated t value of 5,086 and a significance value of 0.000 <0.05. Then the electronic word of mouth, brand image and digital marketing variables have a significant and simultaneous impact on Purbasari purchasing decisions in Batam City with a calculated f value of 24,620 with a significance value of 0.000 < 0.05.

 

Keywords : Electronic Word Of Mouth, Brand Image, Digital Marketing, Purchase Decision.

References

Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. L. A. (2021). TOKOPEDIA DI KOTA MANADO THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE , PROMOTION AND SERVICE QUALITY ON CONSUMER PURCHASE DECISIONS ON TOKOPEDIA E-COMMERCE IN MANADO CITY Oleh : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Jurnal EMBA Vol . 9 No . 2 April 2021 , Hal . 9(2), 663–674.

Basri, A. I., Sumarni, M., Astuti, E. L. N., & Herdiany, H. D. (2023). Pengaruh Kualitas Produk , Citra Merk , dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Kosmetik Purbasari Di Kota Yogyakarta. 10(1), 1–9.

Darmawan, I. K. A., & Dewi, L. K. C. (2020). PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ORIFLAME DI KOTA DENPASAR (Studi Empiris pada Konsumen Pembelian Produk Oriflame Di Kota Denpasar). 02(1), 140–152.

Ekasari, R., & Mandasari, E. D. (2021). IQTISHADequity PENGARUH KUALITAS PRODUK , DIGITAL MARKETING DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LIPCREAM PIXY DI KABUPATEN SIDOARJO. 4(1), 1–10.

Kristyani, F. L. S. P., & Jatmiko. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Luxcrime. 9(April), 187–198.

Lombok, E. V. V., & Samadi, R. L. (2022). PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND TRUST DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK EMINA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SAM RATULANGI). 10(3), 953–964.

Masyithoh, I. N., & Novitaningtyas, I. (2021). PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP MINAT BELI.

Mokhtar, S. (2020). Pengaruh Word of Mouth dan Brand Image terhadap Minat Beli Kosmetik Wardah di Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Akmen, 17(1), 35–43.

Munir, M., & Toha, M. (2022). Strategi Membangun Brand Image Lembaga Pendidikan. Intizam: Jurnal Manajeman Pendidikan Islam, 5(2), 23–41.

Purba, P. H., & Rustam, T. A. (2023). 11661-34436-1-Pb. Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(5), 2453–2459.

Ristanti, A., & Iriani, S. S. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN NATURE REPUBLIC DI SURABAYA. 8, 1026–1037.

Rustam, T. A., & Hikmah, H. (2022). Citra merek, kualitas produk dan harga pengaruhnya terhadap keputusan pembelian pada produk private label (studi kasus pelanggan Alfamart Villa Muka Kuning Batam). Jurnal Paradigma Ekonomika, 17(2), 331–340. https://doi.org/10.22437/jpe.v17i2.16110

Simbolon, F. P., Handayani, E. R., & Nugraedy, M. (2020). The Influence of Product Quality, Price Fairness, Brand Image, and Customer Value on Purchase Decision of Toyota Agya Consumers: A Study of Low Cost Green Car. Binus Business Review, 11(3), 187–196. https://doi.org/10.21512/bbr.v11i3.6420

Sugiyono, P. D. (2022). METODE PENELITIAN BISNIS.

Sujarweni, V. W. (2022). METODOLOGI PENELITIAN BISNIS DAN EKONOMI PENDEKATAN KUANTITATIF.

Winatadewi, W., & Aulia, P. (2020). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE BUKALAPAK DI BANDUNG. 7(2), 3728–3737.

Downloads

Published

2024-05-02