Pengaruh Media Sosial dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Din’s Nusantara di Desa Tugumulyo Kecamatan Lempuing Kabupaten OKI
DOI:
https://doi.org/10.31851/jmwe.v20i4.14589Abstract
ABSTRAK
Perkembangan era digital dan media sosial tentu menjadi pemicu bagi masyarakat untuk melakukan transaksi jual beli terhadap produk “Din’s Nusantara” secara efektif kemudian didukung oleh perkembangan dorongan motivasi konsumen untuk mempunyai dan memakai produk “Din’s Nusantara”. Informasi-informasi mengenai produk yang di pasarkan tentu dapat mempengaruhi pengambilan keputusan. Riset ini memiliki tujuan guna mengetahui Pengaruh Media Sosial dan Motivasi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian produk “Din’s Nusantara” di Desa Tugumulyo Kec. Lempuing Kab. OKI. Metode penelitian kuantitatif menjadi metode yang digunakan pada riset ini. Teknik purposive sampling merupakan teknik yang digunakan oleh peneliti menetapkan 85 responden. Wawancara dan kuesioner menjadi teknik pengumpulan data, kemudian diolah menggunakan bantuan aplikasi SPSS Versi 22 For Windows. Hasil riset ini menunjukkan bahwa Media Sosial dan Motivasi Konsumen berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk “Din’s Nusantara” di Desa Tugumulyo Kec. Lempuing Kab. OKI.
Kata Kunci: Media Sosial, Motivasi Konsumen, Keputusan Pembelian.
ABSTRACT
The development of the digital era and social media is certainly a trigger for the public to carry out buying and selling transactions for "Din's Nusantara" products effectively then supported by the development of consumer motivation to own and use "Din's Nusantara" products. Information about the products being marketed can certainly influence decision making. This research aims to determine the effect of social media and consumer motivation on purchasing decisions for "Din's Nusantara" products in Tugumulyo Village, Kec. Lempuing Regency. OKI. Quantitative research method is the method used in this research. Purposive sampling technique is a technique used by researchers to determine 85 respondents. Interviews and questionnaires became data collection techniques, then processed using the SPSS Version 22 For Windows application. The results of this research indicate that social media and consumer motivation have a significant effect on purchasing decisions for "Din's Nusantara" products in Tugumulyo Village, Kec. Lempuing Regency. OKI.
Keywords : Social Media, Consumer Motivation, Purchase Decision.
References
Assauri, S. (2019). Manajemen Bisnis Pemasaran. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Bate'e, M. M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli. Jurnal Ekonomi & ekonomi Syariah, 2 (2), 313-324.
Butarbutar, F. D. (2022). Pengaruh Media Sosial Marketing Bagi Keputusan Pelanggan Onlineshop Livs Store Di Kota Pematangsiantar. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Teknologi, 2 (1), 87-93.
Ikbal. (2022). Pengaruh Harga Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Motivasi Konsumen Sebagai Variabel Mediasi Pada Produk Fast Fashion Di Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3 (1), 60-67.
Indriyani, R., & Suri, A. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14 (1), 25-34.
Mustapa, A., Machmud, R., & Radji, L. D. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Pada Umkm Jiksau Food. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 5 (1), 264-270.
Priyatno, D. (2018). SPSS Panduan mudah olah data bagi mahasiswa dan umum. Jakarta: Andi Offset.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.
Wibowo, A. L., & Priansa, J. D. (2017). Manajemen Komunikasi dan Pemasaran. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Media Wahana Ekonomika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the publisher of the journal licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License in line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.