Pengaruh Kompetensi dan Training Terhadap Kinerja Karyawan di Hotel BATIQA Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31851/jmwe.v21i1.14866Keywords:
Kompetensi, Training, Kinerja KaryawanAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan pelatihan terhadap kinerja karyawan di BATIQA Hotel Palembang. Sebanyak 73 karyawan hotel menjadi responden dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi dan pelatihan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Kompetensi, yang diukur berdasarkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman karyawan, terbukti menjadi faktor penentu utama dalam kinerja. Semakin kompeten karyawan, semakin baik pula kinerja mereka. Pelatihan, di sisi lain, membantu meningkatkan kompetensi karyawan dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan yang efektif dapat meningkatkan kinerja karyawan, meskipun pengaruhnya tidak sebesar kompetensi. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kombinasi kompetensi dan pelatihan memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kinerja karyawan dibandingkan dengan masing-masing faktor secara individual. Hal ini menunjukkan bahwa hotel perlu berinvestasi dalam pengembangan kompetensi dan pelatihan karyawan untuk mencapai kinerja yang optimal.Kesimpulannya, penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi dan pelatihan adalah dua faktor penting yang dapat meningkatkan kinerja karyawan di BATIQA Hotel Palembang. Hotel perlu terus mengembangkan program pelatihan dan meningkatkan kompetensi karyawan untuk mencapai kinerja yang optimal.
Kata Kunci: Kompetensi, Training, dan Kinerja Karyawan.
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of competence and training on employee performance at BATIQA Hotel Palembang. A total of 73 hotel employees were respondents in this study. The results The results showed that competence and training have a significant influence on employee performance. Competency, which is measured based on knowledge, skills and experience, proved to be the main determinant of performance. in performance. The more competent employees are, the better their performance. Training, on the other hand, helps to improve by providing new knowledge and skills. Research results show that effective training can improve employee performance, although the effect is not as great as competence. This research also shows that the combination of competence and training has a greater influence on employee performance than each factor alone. on employee performance than each factor individually. individually. This suggests that hotels need to invest in competency development and employee training to achieve optimal performance. In conclusion, this study shows that competency and training are two important factors that can improve the performance of competence and training are two important factors that can improve employee performance at BATIQA Hotel Palembang. BATIQA Hotel Palembang. The hotel needs to continue to develop training programs and improve competencies of employees to achieve optimal performance
Keywords : Competency, Training And Employee Performance.
References
Anwar, S. (2019). Pengaruh Karakteristik Kerja dan Kompetensi Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Warta Edisi : 62, 137
Ataunur, I., & Ariyanto, E. (2015). Pengaruh Kompetensi dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan PT Adaro Energy Tbk. Telaah Bisnis, 146-147.
Damayanti, R. (2015). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada PT. Perkebunan Mitra Ogan Palembang. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 69.
Khalil, C. N. (2019). Pengaruh Kompetensi dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Bank Mandiri Kantor Cabang Kota Palopo. Jurnal Magister Manajemen, 9-16.
Laoh, J., Sendow, G. M., & Uhing, Y. (2019). Pengaruh Karakteristik Individu dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan Pada Usaha Rumah Kopi di Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4621.
Marjaya, I., & Pasaribu, F. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 133.
Maulana, A. B., & Hermana, C. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 99.
Nurdin, M. R. (2019). Pengaruh Kepemimpinan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Bank Dki Jakarta. Jurnal Maajemen Bisnis Krisnadwipayana, 101.
Pramularso, E. Y. (2018). Pengaruh Kompetensi Kerja terhadap Kinerja Karyawan CV Inaura Anugerah Jakarta. Repository Universitas Bina Sarana Informatika (RUBSI), 40.
Rosmaini, & Tanjung, H. (2019). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2.
Salvano, D. F., Naadu, L. L., & Hara, T. M. (2023). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Cabang Bri Kota BekasI. Jurnal Sosial dan Sains, 196.
Sudaryo, Y. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia: Kompensasi Tidak Langsung dan Lingkungan Kerja Fisik. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Soetrisno, A. P., & Gilang, A. (2018). Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2 ed). Bandung: CV Alfabeta.
Susan, E. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 952-954.
Wibowo. (2018). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers. PT Raja Grafindo.
Widianingsih, T., Sadewisasi, W., & Santoso, D. (2023). Pengaruh Pelatihan, Budaya Organisasi Dan. Sustainable Business Journal, 85
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Media Wahana Ekonomika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the publisher of the journal licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License in line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.