Pengaruh Citra Destinasi, Kualitas Layanan Terhadap Kepercayaan Serta Dampaknya Terhadap Kepuasan Wisatawan Berkunjung Ke Destinasi Kepulauan Togean
DOI:
https://doi.org/10.31851/jmwe.v21i2.15374Abstract
ABSTRAK
Kepariwisataan merupakan fenomena yang kompleks yang membentuk suatu sistem yang saling berkelindaan. Karena suatu sistem, perubahan yang terjadi disuatu elemen atau komponen akan mempengaruhi kinerja sistem secara keseluruan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra destinasi terhadap kepercayaan, kualitas layanan terhadap kepercayaan, kepercayaan terhadap kepuasan wisatawan, citra destinasi terhadap kepuasan wisatawan, kualitas layanan terhadap kepuasan wisatawan, citra destinasi terhadap kepuasan wisatawan melalui kepercayaan, dan kualitas layanan terhadap kepuasan wisatawan melalui kepercayaan. Pengujian hipotesis menggunakan PLS-SEM dengan jumlah Sampel terdiri dari 44 orang wisatawan manca negara, 66 orang wisatawan Nusantara yang berkunjung ke destinasi Kepulauan Togean. Berdasarkan hasil analisis bahwa (1) citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan (2) kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan (3) kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan (4) citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan (5) kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan (6) citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan melalui kepercayaan (7) kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan melalui kepercayaan.
Kata Kunci: Citra Destinasi, Kualitas Layanan, Kepercayaan, Kepuasan Wisatawan.
ABSTRACT
This research aims to determine the effect of destination image on trust, service quality on trust, trust on tourist satisfaction, destination image on tourist satisfaction, service quality on tourist satisfaction, destination image on tourist satisfaction through trust, and service quality on tourist satisfaction through trust. Hypothesis testing uses PLS-SEM with a sample size consisting of 44 foreign tourists, 66 domestic tourists visiting the Togean Islands destination. Based on the results of the analysis, (1) destination image has a positive and significant effect on trust (2) service quality has a positive and significant effect on trust (3) trust has a positive and significant effect on tourist satisfaction (4) destination image has a positive and significant effect on tourist satisfaction ( 5) service quality has a positive and significant effect on tourist satisfaction (6) destination image has a positive and significant effect on tourist satisfaction through trust (7) service quality has a positive and significant effect on tourist satisfaction through trust.
Keywords : Destination Image, Service Quality, Trust, Tourist Satisfaction.
References
Aprilia, D. S., Pujiastuti, E. E., & Hadi, L. (2019). ( Studi Pada Wisatawan yang berkunjung Tebing Breksi Daerah Istimewa Yogyakarta ). Jurnal Dialektika, 85–95.
Brun, I. , Rajaobelina, L. , & Line, R. (2014). Online Relationship Quality: Scale Development and Initial Testing. International Journal of Bank Marketing, 32(1), 5–27.
Chen, C. F., & Tsai, D. C. (2007). How destination image and evaluative factors affect behavioral intentions? How destination image and evaluative factors affect behavioral intentions?, 28(4), 1115–1122. https://doi.org/doi.org/10.1016/J.TOURMAN.2006.07.007
Çoban, S. (2012). The effects of the image of destination on tourist satisfaction and loyalty: The case of Cappadocia. European Journal of Social Sciences, 29(2), 222–232.
Delgado-Ballester, E., & Munuera-Alemán, J. L. (2005). Does brand trust matter to brand equity? Journal of Product and Brand Management, 14(3), 187–196. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/10610420510601058
Eddyono Fauziah. (2021). Pengelolaan Destinasi Pariwisata. Uwais Inspirasi Indonesia.
Fajarini, A., & Meria, L. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Klinik Kecantikan Beauty INC). Jurnal Ekonomi, 1(2), 481–491.
Ghozali. (2021). Partial Least Squares : Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program Smart PLS 3.2.9. Universitas Diponegoro.
Karini, & Putri. (2023). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Citra Destinasi Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung di Jalan Braga. Manajemen dan Pariwisata, 2(2), 144–164. https://doi.org/10.32659/jmp.v2i2.293
Kotler, P. dan K. L. K. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1& 2. PT. Indeks.
Nur, A., Zahara, Z., & Tombolotutu, M. (2021). Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Berbelanja Di Transmart Carrefour Palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 7(1), 047–057. https://doi.org/10.22487/jimut.v7i1.217
Parasuraman, V.A, Z., & L.L, B. (2013). A Conceptual Model Of Service Quality and Its Implications For Future Research.
Purnomo. (2008). Efektifitas Strategi Pemasaran Produk Wisata Minat Khusus Goa Cerme, Imogiri, Bantul.
Rofiah, C., & Wahyuni, D. (2017). Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Di Mediasi Oleh Kepuasan Di Bank Muamalat Jombang. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 12(1), 69–82. https://doi.org/10.26533/eksis.v12i1.84
Suaib Djafar. (2015). Evaluasi Kebijakan Pariwisata. Ombak.
Sudirman, A., Halim, F., & Pinem, R. J. (2020). Kepercayaan Sebagai Pemediasi Dampak Citra Merek dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Gojek. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), 66. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i3.4822
Sudirman, Darmiati, & Rahman, A. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening. Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 19(3), 640–650. https://doi.org/10.29264/jakt.v19i3.11805
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Sutiksno, Revida, E., Henky, M. M., Simarmata, Saputra, D. H., Sudirman, A. P. A., Siska, Napitupulu, D., & Purba, S. (2020). Tourism Marketing. Yayan Kita Menulis.
Utama. (2017). Pemasaran pariwisata. Andi Offset.
Utama, I. P. (2019). Pengujian Variabel Anteseden Loyalitas Destinasi Wisatawan Mancanegara Di Bali. Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ), 1, 33–44.
Wantara, P., & Tambrin, M. (2021). Hubungan Struktural Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, Dan Niat Ulang Berkunjung Ke Pantai Long Malang Di Sampang. Distribusi - Journal of Management and Business, 9(2), 207–220. https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i2.168
Wiedyani, A. H. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Harga, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Argo Muria Jurusan Semarang Tawang- Jakarta Gambir. journal Article, 978–979. https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/7376
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Media Wahana Ekonomika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the publisher of the journal licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License in line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.