PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN MEDIA LINTAS INDONESIA KOTA PALEMBANG

Authors

  • Muhammad - Kurniawan

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v14i2.1565

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan terhadap motivasi kerja karyawan pada Media Lintas Indonesia Kota Palembang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan dilaksanakan pada 30 karyawan Media Lintas Indonesia Kota Palembang.

Teknik analisis meliputi koefisien korelasi, regresi linear sederhana, koefisien determinasi, dan penguji hipotesis dan Uji-t.  Persamaan  koefisien korelasi sebesar 0,624, berarti sedang dan positif maksudnya jika gaya kepemimpinan naik maka motivasi juga naik dan sebaliknya. Koefisien determinasi 38,93% berarti kontribusi variabel gaya kepemimpinan terhadap motivasi kerja sebesar 38,93% dan sisanya 61,07% dijelaskan oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian regresi linear sederhana diperoleh nilai konstanta atau a adalah 89,15% dan nilai koefisien regresi  b adalah 0,40 menunjukan terdapat pengaruh gaya kepemimpinan terhadap motivasi kerja karyawan Media Lintas Indonesia Kota Palembang.

Uji hipotesis menghasilkan thitung  sebesar 2,045 dan hasil Uji-t ini signifikan karena  thitung sebesar 2,045 > ttabel maka Ho dan Ha diterima, ini artinya terdapat gaya kepemimpinan terhadap motivasi kerja karyawan pada Media Lintas Indonesia Kota Palembang.

 

Kata Kunci : Kepemimpinan, Motivasi Kerja

Downloads

Published

2018-04-04