Pengaruh Suasana Café Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Café Koniciwa Di Kota Palu)

Authors

  • Mirna Amir Universitas Tadulako
  • Ira Nuriya Santi Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v21i2.16117

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh variabel suasana café dan harga terhadap kepuasan pelanggan Café Koniciwa di Kota Palu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kausal. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survey melalui penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 105 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel suasana café dan harga secara serempak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Suasana cafe secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kepuasan pelanggan, harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Kata Kunci: Suasana Cafe, Harga, Kepuasan Pelanggan.

 

ABSTRACT

 

This study aims to test and analyze the influence of café atmosphere and price on customer satisfaction at Koniciwa Café in Palu City. This type of research is causal descriptive. Data collection was carried out using a survey method through distributing questionnaires. The sampling technique uses purposive sampling and determining the number of samples uses Roscoe theory. Total research sample was 105 respondents. The data analysis technique uses multiple linear regression The results of the research show that the variables of café atmosphere and price simultaneously have a significant effect on customer satisfaction. Cafe atmosphere partially has a positive and significant effect on customer satisfaction, price partially has a positive and significant effect on customer satisfaction.

Keywords : Café Atmosphere, Price, Consumer Satisfaction.

References

Aghni Nur R, Siti Z.W, & Najmudin. (2021). The Effect of Store Atmosphere And Word Of Mouth On Consumer Purchase Decisions At Cafe Traffic Light Coffie Cilacap. . International Sustainable Competitiveness Advantage Journal. , 1(1), 816–823.

Arif, D., & Ekasari, R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Suasana Cafe Terhadap Kepuasan Konsumen. Ecopreneur.12, 3(2), 139. https://doi.org/10.51804/econ12.v3i2.780

Baskoro, D. A., & Mahmudah, F. (2021). Pengaruh Harga dan Suasana Café terhadap Keputusan Pembelian. Global Research on Tourism Development and Advancement, 3(2), 136–162. https://doi.org/10.21632/garuda.3.2.136-162

Bataha, E. M., Mananeke, L., & Ogi, I. W. J. (2020). Pengaruh Store Atmosphere Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Pemediasi (Studi Pada Warong Kobong di Kota Manado). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(1), 127–138. https://doi.org/10.35794/jmbi.v7i1.30247

Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Kotler_and_Armstrong_-_Principles_of_Mar.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. In Global Edition (Vol. 15E, Issue 4). https://doi.org/10.1080/08911760903022556

Longdong, K. J. B., Rogahang, J. J., & Walangitan, O. F. C. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Maesa Print Kawangkoan. Journal Productivity, 3(1), 13–17.

Putri, C. M., & Manik, C. D. (2021). Pengaruh Lokasi Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Warung Kopi Jaelansky Pamulang. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(1), 37. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i1.9977

Safitri, D., Saptiani, F., Bisnis, I. A., & Lampung, U. (2022). Pengaruh Inovasi Produk , Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Sepeda Motor Honda (Survei Pada Pelanggan PT Tunas Dwipa Matra Natar). Jurnal Kompetitif Bisnis, 1(8), 607–618.

Sholihah, I. A. (2020). Pengaruh Suasana Cafe dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Merdeka Cafe Nganjuk. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(1), 750–756.

Sihombing, M. M., Arifin, M. H., & Maryono, M. (2022). Pengaruh Varian Menu, Harga, dan Suasana Cafe, Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Miltie Garden Mulawarman Banjarmasin. Smart Business Journal, 1(1), 26. https://doi.org/10.20527/sbj.v1i1.12787

Silaningsih, E., Yuningsih, E., & Yuningsih, Y. (2021). Peningkatan Kepuasan Konsumen Melalui Kualitas Layanan. Jurnal Visionida, 7(1), 43–53.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Sunyoto, D., & Mulyono, A. (2022). Manajemen Bisnis Retail. Suparyanto Dan Rosad, 5(3), 248–253.

Utami, W. (2017). Christina. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia.

Wahyuningsih. (2020). Perilaku Konsumen Konsep dan Aplikasi. 210.

Downloads

Published

2024-07-10