Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Emina Di Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.31851/jmwe.v21i3.16918Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini mempunyai tujuan bahwasannya untuk mengetahui apakah seberapa jauh berpengaruhnya data variabel citra merek, kualitas produk, dan digital marketing yang memiliki dampak penuh dan sebagian pada keputusan pembelian purbasari di kota batam. Menggunakan pola untuk mengumpulkan data melalui kuesioner, menggunakan inovasi teknologi seperti Google Form, dan menggunakan link yang dibagikan untuk mengisi kusioner. Studi ini melibatkan 204 responden yang memakai kosmetik wanita. Studi ini menggunakan sampling purposive non-probability. Perolehan studi memperlihatkan citra merek memengaruhi keputusan pembelian secara positif dan parsial, poin t hitung 5.740 dan perolehan signifikasi 0,000 < 0,05 juga kualitas produk berakibat positif dan keputusan pembelian secara parsial yakni t 7.892 dan poin signifikasi 0,000 < 0,05. Sementara itu, marketing digital berakibat positif pada keputusan pembelian yakni t 3.112 dan poin signifikasi 0,002 < 0,05. Poin f hitung 68,484 dan poin signifikasi 0,000 <0,05, keputusan pembelian kosmetik Emina di Batam dipengaruhi secara simultan oleh variabel digital marketing, citra merek, dan kualitas produk.
Kata Kunci: Citra Merek, Kualitas Produk, Digital Marketing, Keputusan Pembelian.
ABSTRACT
This research aims to find out to what extent the variable data of brand image, product quality and digital marketing have a full and partial impact on Emina purchasing decisions in Batam City. Using patterns to collect data through questionnaires, using technological innovations such as Google Forms, and using shared links to fill out questionnaires. This study involved 204 respondents who used women's cosmetics. This study used non-probability purposive sampling. The results of the study show that brand image influences purchasing decisions positively and partially, the calculated t points are 5,740 and the significance points are 0.000 < 0.05, also product quality has a positive impact and partial purchasing decisions, namely t 7,892 and the significance points are 0.000 < 0.05. Meanwhile, digital marketing has a positive impact on purchasing decisions, namely t 3.112 and a significance point of 0.002 < 0.05. The calculated f point is 68.484 and the significance point is 0.000 <0.05, the decision to purchase Emina cosmetics in Batam is influenced simultaneously by digital marketing variables, brand image and product quality.
Keywords : Brand Image, Product Quality, Digital Marketing, Purchase Decision.
References
Alvito Putra Satria, N. A. (2023). Pengaruh Store Atmosphere, Citra merek, Kualitas Produk, Persepsi Harga, Gaya Hidup dan Promosu Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Halal. Jurnal Kolibi, 1(1), 244–245.
Amin, M. A., & Rachmawati, L. (2020). Pengaruh Label Halal, Citra Merek, dan Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(3), 151–164. https://doi.org/10.26740/jekobi.v3n3.p151-164
Darmawan, I. K. A., & Dewi, L. K. C. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame Di Kota Denpasar (Studi Empiris pada Konsumen Pembelian Produk Oriflame Di Kota Denpasar). In Journal Research Management (Vol. 02, Issue 1, pp. 58–67).
Efendi, M. (2024). Pengaruh Digital Marketing, E-Word of Mouth, dan Electronic Trust terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee. In Arzusin (Vol. 4, Issue 1, pp. 241–263). https://doi.org/10.58578/arzusin.v4i1.2581
Ekasari, R., & Mandasari, E. D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Digital Marketing Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Lipcream Pixy Di Kabupaten Sidoarjo. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 4(1), 1. https://doi.org/10.51804/iej.v4i1.1583
Kurniawan, M. A. & R. (2024). The Effect Of Advertising, Price Perception, And Product Quality On Customer Satisfaction. 7.
Larika, W., & Ekowati, S. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone OPPO. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB), 1, 128–136.
Ningsih, M. G., & Siagian, M. (2024). Pengaruh Keberagaman Produk, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Batam Center. SCIENTIA JOURNAL: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 6(2), 192–204
Novianti, N., & Saputra, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Minat Beli dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian di Minimarket Victoria Tiban. In eCo-Buss (Vol. 6, Issue 1, pp. 66–78). https://doi.org/10.32877/eb.v6i1.656
Pradana, U. N. K. (2022). Pengaruh kualitas produk, brand ambassador, harga terhadap keputusan pembelian Nature Republic. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(6), 2279–2291.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Sutopo (ed.); ke 2). Alfabeta.
Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia Di Jakarta. Jurnal Manajemen, 9(2), 113–123. https://doi.org/10.46806/jm.v9i2.663
Wiranata I, Agung A, & Prayoga I. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Quality Product dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Roti di Holland Bakery Batubulan. Jurnal EMAS, 2(3), 133–146. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/1827%0Ahttps://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/download/1827/1480
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Media Wahana Ekonomika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the publisher of the journal licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License in line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.