Pengaruh Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Multi Kharisma Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31851/jmwe.v14i3.1702Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh antara produk, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada Toko Multi Kharisma Palembang, baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 3500 pelanggan Toko Multi Kharisma Palembang selama 1 bulan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 90 pelanggan berdasarkan rumus slovin dan berdasarkan kemampuan peneliti.
Dari hasil uji t terlihat nilai thitung untuk variabel produk (X1) keputusan pembelian (Y) sebesar 10,771 sedangkan untuk ttabel pada tabel statistik pada signifikan 0,05 diperoleh hasil untuk ttabel sebesar 1,988, hal ini berarti thitung 10,771>1,988, untuk variabel harga
(X2) sebesar 4,818 sedangkan untuk ttabel 1,988, berarti thitung 4,818 > ttabel 1,988 dan variabel lokasi (X3) sebesar 2,123 sedangkan untuk ttabel 1,988, berarti thitung 2,123 < ttabel 1,988. Hal ini menunjukkan dari ketiga variabel tersebut secara parsial ada pengaruh antara produk, harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian. Sedangkan dari hasil uji F untuk ketiga variabel independent (Produk, Harga, dan Lokasi) diperoleh nilai signifikansi 0,000b, ini berarti signifikansi 0,000b < 0,05, Fhitung 2976,788 dan Ftabel 2,71.
Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama variabel independent (produk, harga, dan lokasi) ada pengaruh terhadap variabel dependent (keputusan pembelian). Koefisien determinasi R2 sebesar 99% dan sisanya sebesar 1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dipakai dalam penelitian ini.
Â
Kata Kunci : Produk, Harga, Lokasi dan Keputusan Pembelian
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the publisher of the journal licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License in line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.