Pengaruh Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Multi Kharisma Palembang

Authors

  • Benny Usman

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v14i3.1702

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh antara produk, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada Toko Multi Kharisma Palembang, baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 3500 pelanggan Toko Multi Kharisma Palembang selama 1 bulan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 90 pelanggan berdasarkan rumus slovin dan berdasarkan kemampuan peneliti.

Dari hasil uji t  terlihat  nilai thitung untuk variabel produk (X1) keputusan pembelian (Y) sebesar 10,771 sedangkan untuk ttabel  pada tabel statistik  pada signifikan 0,05 diperoleh hasil untuk ttabel sebesar 1,988, hal ini berarti thitung 10,771>1,988, untuk variabel harga
(X2) sebesar 4,818 sedangkan untuk ttabel 1,988, berarti thitung 4,818 > ttabel 1,988 dan variabel lokasi (X3) sebesar 2,123 sedangkan untuk ttabel 1,988, berarti thitung 2,123 < ttabel 1,988.  Hal ini menunjukkan dari ketiga variabel tersebut  secara parsial ada pengaruh antara produk, harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian. Sedangkan dari hasil uji F untuk ketiga variabel independent (Produk, Harga, dan Lokasi) diperoleh nilai signifikansi 0,000b, ini berarti signifikansi 0,000b < 0,05, Fhitung 2976,788 dan Ftabel 2,71.

Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama variabel independent (produk, harga, dan lokasi) ada pengaruh terhadap variabel dependent (keputusan pembelian). Koefisien determinasi R2 sebesar 99% dan sisanya sebesar 1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dipakai dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci : Produk, Harga, Lokasi dan Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2018-05-29