ANALISIS FAKTOR KARAKTERISTIK INDIVIDU YANG MEMPENGARUHI KINERJA PEGAWAI PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

Septi - Juniarti, Edduar - Hendri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor karakteristik individu baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja pegawai pada Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 32 orang pegawai pada Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Jenuh, dimana semua populasi dijadikan sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket). Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data dan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda untuk mengukur pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu karakteristik individu (kemampuan, kepribadian, persepsi dan sikap) sebagai variabel independent (X) dan kinerja pegawai sebagai variabel dependent (Y). Pengolahan data dalam penelitian ini dibantu dengan perhitungan program SPSS 20.

Hasil penelitian menunjukkan bawha : 1) Secara simultan karakteristik individu (Kemampuan, kepribadian, persepsi dan sikap) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang, 2) Secara parsial karakteristik individu (Kemampuan, kepribadian, persepsi dan sikap) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang.

Kata Kunci : kemampuan, kepribadian, persepsi dan sikap

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31851/jmwe.v14i1.1715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.