PENGARUH DEBT TO ASSETS RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO, RETURN ON ASSETS DAN NET PROFIT MARGIN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN INDEKS LQ-45 DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Reina - Damayanti
  • Reva Maria Valianti

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v13i1.1730

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui Pengaruh Debt To Assets Ratio, Debt To Equity Ratio, Return On Assets  dan Net Profit Margin Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Indeks LQ-45 di Bursa Efek Indonesia. Dalam hal ini peneliti menggunakan data berupa laporan keuangan Indeks LQ-45  yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Peneliti menggunakan sampel sebanyak 16 perusahaan yang dipilih secara purposive random sampling, yaitu perusahaan Indeks LQ-45 yang terdaftar di BEI periode tahun 2010-2014. Data laporan keuangan yang digunakan adalah laporan keuangan yang telah dipublikasikan di dalam Indonesia Capital Market Directory (ICMD) 2015. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi yang diuji dengan uji asumsi klasik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel DAR, DER, ROA, dan NPM secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu harga saham. Sedangkan secara parsial variabel DAR, ROA dan NPM berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada Perusahaan Indeks LQ-45 di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014. Sedangkan variabel DER tidak berpengaruh terhadap harga saham pada Perusahaan Indeks LQ-45 di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014.

 

Kata Kunci     :... DAR, DER, ROA, NPM dan Harga Saham

Downloads

Published

2018-06-01