Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Go-Car di Palembang

Authors

  • Sopian -

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v15i2.2410

Abstract

Tujuan dari penelitian ini berdasarkan rumusan masalah yang ada adalah untuk mengetahui adakah pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Go-Car di Palembang. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh pelanggan Go-Car di Palembang yang sudah menggunakan jasa Go-Car di Palembang. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian Sampling Aksidental adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan/aksidental bertemu dengan peneliti pada saat penyebaran kuesioner pengguna jasa Go-Car, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Adapun sampel pada penelitian ini sebanyak 50 pelanggan yang menggunakan jasa Go-Car. Teknik analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah regresi liniear sederhana dengan menggunakan alat bantu program SPSS For Windows Statistic 20.0. Hasil penelitian ini memberikan hasil bahwa variabel Kualitas Pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Persamaan regresi sederhananya adalah Y=-1,238+0,222X dan berdasarkan pengujian hipotesis dengan uji t dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Go-Car di Palembang berpengaruh signifikan dengan nilai signifikan 0,000 dan nilai thitung sebesar 11,661 > 1,677 nilai dari ttabel.

 

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan.

Downloads

Published

2019-01-26