Analisis Industri dan Persaingan Bisnis Distribusi LPG 12 Kg (Studi Kasus PT. Dewasantara Mulia Prima Di Pangkalpinang, Bangka Belitung)

Authors

  • Stefanus Prima Nugroho

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v15i2.2411

Abstract

PT. Dewasantara Mulia Prima adalah salah satu dari 4 distributor resmi LPG 12 kg (tidak bersubsidi) di provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan salah satu dari 3 agen resmi yang beroperasi di Pangkalpinang dan sekitarnya. Untuk mempertahankan ekstensi dalam menghadapi persaingan ketat di industri distribusi LPG 12 kg (non-subsidi), PT. Dewasantara Mulia Prima harus mengetahui posisi dan kemampuan bersaing agar dapat menerapkan strategi bersaing yang tepat. Langkah yang diambil untuk menentukan posisi dan daya saing PT. Dewasantara Mulia Prima adalah untuk menganalisis (1) kapasitas internal perusahaan seperti sumber daya keuangan, sumber daya manusia dan kompetensi inti perusahaan, karakteristik industri seperti ukuran pasar, tingkat pertumbuhan, kekuatan kapasitas, profitabilitas industri dan persyaratan modal, 2) keunggulan kompetitif dari PT. Dewasantara Mulia Prima melalui analisis ancaman yang berasal dari pendatang baru, produk pengganti, pembeli, pemasok, dan persaingan di antara perusahaan dalam industri ini.


Kata kunci : Kapasitas Internal, Karakteristik Industri, Keunggulan Kompetitif.

Downloads

Published

2019-01-26