ANALISIS KOMPARATIF TINGKAT KESEHATAN BANK BERDASARKAN METODE REC (Risk Profile, Earnings, Capital) (Studi pada PT. Bank Mandiri Tbk dan PT. Bank BCA Tbk Tahun 2011-2015)

Authors

  • Hendri Saladin
  • Edduar Hendri

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v13i4.2700

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tingkat kesehatan bank antara dua bank yakni Bank Mandiri dan Bank BCA periode 2011-2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah kausal komparatif yaitu menganalisis data-data dalam laporan keuangan untuk mengetahui bagaimana perbandingan penilaian tingkat kesehatan antara Bank Mandiri dan Bank BCA dengan menggunakan metode REC (Risk Profile, Earnings, Capital). Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Mandiri dan Bank BCA, sedangkan sampel adalah laporan keuangan Bank Mandiri dan Bank BCA periode 2011-2015 yang telah diaudit dan dipublikasikan kepada masyarakat melalui situs resmi PT. Bank Mandiri Tbk dan PT. Bank BCA Tbk. Metode analisis yang digunakan adalah uji independent t-test dan uji Mann Whitney.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata rasio NPL, ROA, ROE, NIM, BOPO dan CAR selama periode 2011-2015 Bank BCA lebih baik dibandingkan dengan Bank Mandiri dan hanya rata-rata rasio LDR Bank Mandiri lebih baik dibandingkan dengan Bank BCA. Namun selama kurun waktu 5 tahun baik Bank Mandiri maupun Bank BCA rasio NPL, LDR, ROA, ROE, NIM, BOPO dan CAR memperoleh predikat sangat sehat. Dari hasil uji beda menunjukkan bahwa secara statistik terdapat perbedaan yang signifikan antara Bank Mandiri dan Bank BCA dilihat berdasarkan NPL, ROA dan BOPO dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara Bank Mandiri dan Bank BCA dilihat berdasarkan LDR, ROE, NIM dan CAR.

 

Kata kunci: Tingkat Kesehatan Bank, Profil Risiko, Pendapatan, Modal

Downloads

Published

2019-03-17