PENGARUH KUALITAS LAYANAN AKADEMIK DAN FASILITAS PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA KULIAH PADA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

Authors

  • Adie Kurbani

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v13i4.2701

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah kualitas layanan akademik dan fasilitas pendidikan berpengaruh baik secara bersama-sama maupun secara parsial terhadap kepuasan mahasiswa kuliah di Universitas PGRI Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jenjang S1 Universitas PGRI Palembang yang terdaftar sebagai mahasiswa angkatan 2011 s/d 2014 yang aktif untuk tahun akademik 2015/2016 berjumlah 6.918 orang, jumlah sampel yang diambil sebanyak 99 orang mahasiswa dengan menggunakan teknik Proportionate Stratifed Random Sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan menggunakan skala likert yang disusun berdasarkan konstruksi yang dirangkum dari berbagai teori yang diwujudkan kedalam variable operasional, sedangkan pengujian terhadap instrumen penelitian dilakukan melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data dilakukan melalui uji persyaratan yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolonearitas dan uji heteroskedasitas. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara bersama-sama terdapat pengaruh kualitas layanan akademik dan fasilitas pendidikan terhadap kepuasan mahasiswa pada Universitas PGRI Palembang, (2) Secara parsial terdapat pengaruh kualitas layanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa pada Universitas PGRI Palembang, (3) Secara parsial terdapat pengaruh fasilitas pendidikan terhadap kepuasan mahasiswa pada Universitas PGRI Palembang.

 

Kata Kunci : Kualitas Layanan Akademik, Fasilitas Pendidikan, dan Kepuasan

Downloads

Published

2019-03-17