PENGARUH ROTASI PEGAWAI, KEPUASAN KERJA DAN PERILAKU KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TRANSPORTASI DARAT PALEMBANG

Authors

  • Santoso -

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v13i4.2704

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rotasi pegawai, kepuasan kerja, dan perilaku kerja terhadap kinerja pegawai negeri sipil di lingkungan Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat Palembang. Penelitian ini mencoba untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai negeri sipil di BPPTD Palembang.

Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dari jawaban 66 responden. Model analisis yang digunakan adalah regresi linearberganda dan melalui pengujian instrumen validitas dan reliabilitas. Uji karakteristik data yaitu uji normalitas. Uji model terdiri dari uji heterokedastisitas dan uji multikolinearitas.

Hasil pengujian hipotesis menunjukkan rotasi pegawai, kepuasan kerja, dan perilaku kerja berpengaruh secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai. Secara parsial rotasi pegawai berpengaruh tidak signifikan yaitu 0,083>0,05, kepuasan kerja berpengaruh signifikan sebesar 0,005<0,05, dan perilaku kerja berpengaruh signifikan sebesar 0,000<0,05. Diantara ketiga variabel bebas, variabel perilaku kerja adalah yang paling berpengaruh terhadap kinerja pegawai.

Penelitian ini membuktikan bahwa ada hubungan antara rotasi pegawai, kepuasan kerja, dan perilaku kerja terhadap kinerja. Keterkaitan antara rotasi pegawai, kepuasan kerja, dan perilaku kerja dengan kinerja pegawai adalah jika rotasi pegawai, kepuasan kerja, dan perilaku kerja diperhatikan dengan baik, maka kinerja pegawai akan baik pula, yang akan berdampak positif terhadap BPPTD Palembang.

 

Kata kunci: Rotasi Pegawai, Kepuasan Kerja, Perilaku Kerja, Kinerja.

Downloads

Published

2019-03-17