PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA DEPOT AIR MINUM LEGOWO TANAH MAS BANYUASIN

Authors

  • Andri Eko Putra
  • Suhada -

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v13i4.2708

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah adakah Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Depot Air Minum Legowo Tanah Mas Banyuasin.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang berjumlah 178 orang  yang diambil untuk penelitian pada bulan September sampai dengan bulan Desember 2016 sebagai pelanggan pada Depot Air Minum Legowo Tanah Mas Banyuasin. Sampel yang diteliti dalam penelitian ini sebanyak 30 orang konsumen atau pelanggan.

Dari persamaan regresi linier sederhana Y = a + bX sehingga persamaannya adalah Y’ = 27,205 + 0,250X yang berarti ada pengaruh positif a  = 27,205 dan nilai b = 0,250 terhadap naik turunnya kepuasan pelanggan. Hasil perhitungan analisis koefisien korelasi r² = 0,099². Hal ini dapat diartikan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap naik turunnya kepuasan pelanggan sebesar 9,9% sedangkan sisanya 90,1% (100%-9,9%).

Dan untuk uji hipotesis nilai thitung = 1,755 lebih besar dibandingkan dengan ttabel = 1,701 para taraf nyata 0,05. Dengan demikian nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (1,755 > 1,701), maka keputusannya adalah menolak hipotesis nol (Ho) dan menerima hipotesis alternatif (Ha) berarti ada pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Depot Air Minum Legowo Tanah Mas Banyuasin.

 

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan.

Downloads

Published

2019-03-17