ANALISIS PENGARUH LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR), NON PERFORMING LOAN (NPL), DAN BIAYA OPERASIONAL PENDAPATAN OPERASIONAL (BOPO) TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) PADA BANK UMUM MILIK NEGARA

Authors

  • Panca Satria Putra
  • Septi Juniarti

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v13i3.2713

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh Non Performance Loan, Loan to Deposit Ratio, dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional terhadap Return on Asset (ROA) pada Bank Umum Milik Negara (Persero) yang terdaftar di Bank Indonesia periode 2010-2014.

Teknik sampling dilakukan dengan metode purposive sampling dengan criteria Bank Umum Milik Negara (Persero) yang terdaftar di Bank Indonesia yang  mempublikasikan laporan keuangan lengkap setiap tahun periode 2010-2014. Sebelum dilakukan analisis terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Teknik analisis data dilakukan dengan metode analisis regresi linear berganda dengan menggunakan alat bantu program SPSS 21. Pembuktian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji T dan uji F.

Hasil penelitian secara simultan menyatakan bahwa LDR, NPL dan BOPO  secara bersama-sama berpengaruh terhadap ROA. Sedangkan hasil penelitian secara parsial menyatakan bahwa variabel LDR dan NPL berpengaruh positif tidak signifikan terhadap ROA, dan variabel BOPO berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA.

 

Kata Kunci       :           Non Performance Loan (NPL), Loan to Deposit Ratio (LDR), Biaya Operasional dan Pendapatan Operasional (BOPO), Return on Asset (ROA).

Downloads

Published

2019-03-17