PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT POS INDONESIA (PERSERO) PALEMBANG

Authors

  • Maliah Maliah

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v13i3.2715

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Pos Indonesia (Persero) Palembang. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari PT Pos Indonesia (Persero) Palembang melalui penyebaran angket ataukuesioner Sampel dalam penelitian ini sebanyak 66 responden Dalam penelitian ini penulis menggunakan budaya organisasi sebagai variabel independen dan kinerja karyawan sebagai variabel dependen.

Analisis terhadap data dengan menggunakan analisis data  secara kuantitatif yang meliputi uji normalitas data, uji validitas dan uji reliabilitas, regresi linier sederhana, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis (uji-t).

Hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh nilai konstanta 11,992 dan koefisien regresi sebesar 0,624. Sedangkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,585 yang artinya hubungan tingkat koefisien korelasi antara budaya organisasi dan kinerja karyawan adalah sedang. Koefisien determinasi R2 (R square) sebesar 0,342 yang artinya pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan sebesar 34,2%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.  

Berdasarkan hasil uji-t dimana dk=n-2 α=0,05 maka ttabel=1,699 untuk variabel budaya organisasi diperoleh nilai thitung=5,765 dengan tingkat signifikansi 0,000. Iniberarti thitung>ttabel, yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa budaya organisasi berpengaruh signifikan sebesar 34,2% terhadap kinerja karyawan pada PT. Pos Indonesia (Persero) Palembang.

 

Kata Kunci : Budaya Organisasi, Kinerja Karyawan.

Downloads

Published

2019-03-17