ANALISIS KINERJA KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) PADA PT. INDOSAT TBK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010–2014

Rismansyah -, Totok Sudiyanto

Abstract


Penulisan dalam penelitian ini, dengan judul mengenai Analisis Kinerja Keuangan dengan Menggunakan Pendekatan Economic Value Added (EVA) pada PT. Indosat Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010 - 2014.  Dalam permasalahan ini bahwa dengan menggunakan analisis rasio hanya melihat hasil akhir laba perusahaan tanpa memperhatikan resiko yang dihadapi dan tidak memperhatikan biaya modal dalam perhitungannya. Dengan adanya EVA menjadi relevan untuk mengukur kinerja manajemen berdasarkan besar kecilnya nilai tambah ekonomis yang diciptakan perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan dengan menggunakan pendekatan EVA. Analisis data yang digunakan dan pembahasan dilakukan dengan menggunkan metode analisis deskriptif  kuantitatif, yang bertujuan untuk menganalisis dan mengggambarkan kinerja keuangan perusahaan PT. Indosat Tbk yang terdaftar di BEI dengan menggunakan pendekatan EVA.

Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai (1) NOPAT pada tahun 2010-2012 terus mengalami peningkatan dibandingkan pada tahun 2013-2014 penurunan, disebabkan terjadinya penurunan EBIT. (2) WACC pada tahun 2010-2012 dan 2014 mengalami peningkatan, disebabkan karena peningkatan biaya hutang dan mengalami penurunan pada tahun 2013 disebabkan terjadinya penurunan biaya hutang dan biaya modal (3) Modal yang diinvestasikan pada tahun 2010-2014 mengalami penurunan, disebabkan kewajiban jangka panjang terus mengalami penurunan. (4) EVA dapat disimpulkan bahwa nilai EVA pada tahun 2010-2012 EVA > 0 berati EVA positif hal ini menunjukan terjadi nilai tambah ekonomis bagi perusahaan karena para pemegang saham telah berhasil memaksimalkan laba perusahaan, Hal ini tentunya akan menarik minat investor dalam menanamkan sahamnya.  Sedangkan pada tahun 2013-2014 EVA < 0 berarti EVA negatif hal ini menunjukan tidak terjadi nilai tambah ekonomis bagi perusahaan karena para pemegang saham belum memaksimalkan laba perusahaan. Hal ini tentunya kurang menarik minat investor dalam menanamkan sahamnya.

 

Kata Kunci : Kinerja Keuangan dan Pendekatan Economic Value Added.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31851/jmwe.v13i3.2716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.