PENGARUH RESTITUSI PAJAK PERTAMBAHAN NILAI TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA PALEMBANG ILIR BARAT

Authors

  • Jusmani -
  • Rudi Qurniawan

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v13i3.2717

Abstract

Penerimaan Negara dari sektor pajak merupakan pendapatan yang paling utama sebagai sumber pendapatan Negara,selain dari sektor minyak dan gas. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Restitusi Pajak Pertambahan Nilai Terhadap Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palembang Ilir Baratâ€. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah terdapat Pengaruh Restitusi Pajak Pertambahan Nilai Terhadap Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palembang Ilir Barat.

Penelitian ini disusun dengan menggunakan metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif . Jenis data yang dipergunakan adalah data primer dan data sekunder dan dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, serta observasi.

Penelitian ini membahas restitusi Pajak Pertambahan Nilai yang tidak mempengaruh penerimaan pajak pertambahan nilai pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palembang Ilir Barat. Dalam hal ini apabila terjadi restitusi persentase jumlah Wajib Pajak yang mengajukan permohonan restitusi lebih kecil dibandingkan dengan permohonan restitusi yang tidak mengajukan restitusi, serta setiap pengajuan restitusi tidak semua permohonan Wajib Pajak disetujui oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palembang Ilir Barat.

 

Kata Kunci : Restitusi, Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai.

Downloads

Published

2019-03-17