ANALISIS KINERJA KEUANGAN DENGAN PENDEKATAN ALTMAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN BIDANG MANUFAKTUR SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Juni Darwin

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v13i2.2720

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan dengan pendekatan Altman dan untuk mengetahui apakah ada pengaruhnya antara Z-Score Altman terhadap harga saham pada perusahaan bidang manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode pengamatan tahun 2011 – 2015. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kinerja keuangan dengan pendekatan Altman dengan pertimbangan bahwa investor sebelum berinvestasi pada suatu perusahaan akan melakukan analisis untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan tersebut. Metode pengumpulan data menggunakan data sekunder yang didapat dalam Laporan.           

Hasil penelitian diketahui bahwa pada tahun 2011 – 2015 diperoleh nilai rata-rata Z-Score yang masih dibawah nilai 1,81 yang mengidentifikasikan bahwa rata-rata perusahan berpotensi mengalami kebangkrutan. Sedangkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa nilai signifikan sebesar 0,003 < 0,05 yang menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara nilai Z-Score terhadap harga saham. Saran yang diberikan oleh penulis adalah, bagi perusahaan sebaiknya harus memperhatikan nilai Z-Score karena ada pengaruhnya terhadap harga saham. Bagi para investor dan calon investor sebaiknya tidak hanya melihat perusahaan dari analisis fundamental saja tetapi juga dari faktor-faktor eksternal perusahaan yang dapat mempengaruhi harga saham perusahaan. Seperti, faktor ekonomi, politik, keamanan. Dan juga  investor dan calon investor juga bisa memperhatikan analisis teknikal dalam menilai harga saham perusahaan yang akan dating.

 

Kata Kunci : Kinerja Keuangan, Harga Saham.

Downloads

Published

2019-03-17