PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA CV. NUR IHSAN PALEMBANG

Authors

  • Suhada -
  • Andri Eko Putra

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v13i2.2726

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasan pelanggan dan untuk mengetahui berapa besarnya pengaruh kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasan pelanggan pada CV Nur Ihsan Palembang.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis regresi linear sederhana. Digunakan untuk menentukan pengaruh hubungan satu variabel dengan variabel lainnya yang dinyatakan persamaan regresi. Guna untuk melihat seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasan pelanggan pada CV Nur Ihsan Palembang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai r hitung lebih besar dari nilai r tabel untuk kesalahan 5% maupun 1% (0,843 > 0,361 > 0,279), artinya ada pengaruh positif (sangat kuat) yang signifikan sebesar 0,843 antara variabel kualitas pelayanan jasa (x) terhadap kepuasan pelanggan (y) pada CV Nur Ihsan Palembang.

Dari hasil analisis tersebut, penulis menyarankan agar hasil yang didapat harus bisa dipertahankan dan ditingkatkan lagi dalam pelayanan yang lebih berkualitas, agar tercapai tingkat kepuasan pelanggan yang maksimal sesuai dengan tingkat harapan yang diinginkan oleh pelanggan.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Jasa, Kepuasan Pelanggan.

Downloads

Published

2019-03-17