PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN YAMAHA PD. PANCA MOTOR BANYUASIN

Authors

  • Mohamad Nur Arriyanto

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v13i2.2728

Abstract

Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adakah Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Yamaha PD. Panca Motor Banyuasin. Sedangkan populasinya adalah seluruh pelanggan yang berjumlah 176 orang yang diambil untuk penelitian pada bulan Mei sampai dengan Agustus 2015 di Yamaha PD. Panca Motor Banyuasin. Dan sampel yang diteliti dalam penelitian ini sebanyak 30 orang konsumen atau pelanggan.

Dari persamaan regresi linier sederhana Y = a + bX sehingga persamaannya adalah Y’ = 27,205 + 0,250X yang berarti ada pengaruh positif a  = 27,205 dan nilai b = 0,250 terhadap naik turunnya kepuasan pelanggan. Hasil perhitungan analisis koefisien korelasi r² = 0,099². Hal ini dapat diartikan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap naik turunnya kepuasan pelanggan sebesar 9,9% sedangkan sisanya 90,1% (100%-9,9%).

Dan untuk uji hipotesis nilai thitung = 1,755 lebih besar dibandingkan dengan ttabel = 1,701 para taraf nyata 0,05. Dengan demikian nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (1,755 > 1,701), maka keputusannya adalah menolak hipotesis nol (Ho) dan menerima hipotesis alternatif (Ha) berarti ada pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Yamaha PD. Panca Motor Banyuasin.     

 

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan.

Downloads

Published

2019-03-17