Pengaruh Absensi Fingerprint dan Sanksi Hukuman Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Pada Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan

Emelda .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Absensi Fingerprint dan sanksi hukuman terhadap Disiplin Kerja Pegawai Pada Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, dengan populasi seluruh pegawai Kantor Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan berjumlah 69 orang pegawai. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh sehingga diperoleh sampel sebanyak 69 pegawai. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, pengujian hipotesis uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa absensi  fingerprint terhadap disiplin kerja  diperoleh nilai signifikan 0,000 < signifikan 0,05 maka dapat disimpulkan secara parsial ada pengaruh yang signifikan antara absensi fingerprint terhadap disiplin kerja Pegawai pada Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan. Variabel sanksi hukuman juga berpengaruh terhadap Disiplin Kerja dengan nilai signifikan 0,029 < signifikan 0,05. Hasil pengujian hipotesis uji F diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka hipotesis Ha (Hipotesis alternatif) diterima dan Ho (Hipotesis nol) ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama ada pengaruh yang signifikan antara absensi fingerprint dan sanksi hukuman terhadap disiplin kerja pegawai pada Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan.

 

Kata Kunci: absensi fingerprint, sanksi hukuman, disiplin kerja


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31851/jmwe.v15i4.3051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Media Wahana Ekonomika

p-ISSN 1693-4091 (print), e-ISSN 2622-1845 (online)

Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang

Jl. Ahmad Yani Lrg. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang 30251
e-mail: jmwahanaekonomika@univpgri-palembang.ac.id / jmwahanaekonomika@gmail.com

Jurnal Media Wahana Ekonomika by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Ekonomika/ is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License