Analisis Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Di RS. Kusta Dr. Rivai Abdullah Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan

Authors

  • Ilhamsyah Ilhamsyah
  • Agus Mulyani

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v15i4.3054

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien di RS Kusta Dr. Rivai Abdullah Kab. Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Sebanyak 2.161 pasien per bulan dari populasi 96 pasien, dengan pengambilan sampel adalah metode accidental sampling, Teknik analisis data yang digunakan adalah multiple regresi linker dengan menggunakan SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan variabel bukti langsung Hayward yaitu keandalan, daya tanggap, jaminan, kemudahan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas untuk mengunjungi pasien di rumah sakit RS. Kusta Dr. Rivai Abdullah Kab. Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan dan berdasarkan analisis regresi secara parsial adalah hasil perhitungan yaitu variabel bukti langsung, reliabilitas, daya tanggap, jaminan, kemudahan berpengaruh signifikan. Koefisien regresi dapat dilihat bahwa di antara lima variabel independen yaitu bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan dan kemudahan berpengaruh dominan terhadap loyalitas pasien terhadap RS. Kusta Dr. Rivai Abdullah Kab. Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan.

 

Kata kunci: Bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan, kemudahan,                    loyalitas pasien

Downloads

Published

2019-07-27