Evaluasi Prosedur Pemberian Pembiayaan dan Hubungannya Dengan Kredit Macet Pada Koperasi Tunas Perkebunan Belitang OKU Timur

Santi Puspita

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui prosedur pemberian pembiayaan dan hubungannya dengan kredit macet pada Koperasi Tunas Perkebunan Belitang OKU Timur. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan studi kepustakaan dan data yang digunakan data primer dan sekunder. Pelaksanaan prosedur pemberian pembiayaan pada Koperasi Tunas Perkebunan Belitang OKU Timur belum terlaksana dengan baik dikarenakan bagian pembiayan yang tugasnya melaksanakan prosedur pemberian pembiayaan kurang mengadakan pengecekan terhadap kelayakan besaran pembiayaan yang diberikan kepada calon peminjam (anggota) dibandingkan dengan tingkat penghasilannya, kekurang kehati-hatian dalam memberikan pinjaman, dan kurannya pengecekan terhadap informasi yang telah diberikan oleh para anggota, ini lah yang mengakibatkan kredit macet pada Koperasi Tunas Perkebunan Belitang OKU Timur. Selain faktor bagian pembiayaan yang melaksanakan prosedur pemberian kredit, kredit macet dapat pula terjadi dari sudut anggota itu sendiri, dapat ditentukan dengan melihat kondisi kehidupan anggota sehari-hari dengan menggunakan analisis 5 C yaitu: character, capacity, capital, collateral, dan condition.

           

Kata Kunci: Prosedur Pemberian Biaya, Kredit Macet


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31851/jmwe.v15i4.3060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Media Wahana Ekonomika

p-ISSN 1693-4091 (print), e-ISSN 2622-1845 (online)

Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang

Jl. Ahmad Yani Lrg. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang 30251
e-mail: jmwahanaekonomika@univpgri-palembang.ac.id / jmwahanaekonomika@gmail.com

Jurnal Media Wahana Ekonomika by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Ekonomika/ is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License