PENGARUH MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA DOSEN PASCASARJANA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI PALEMBANG

Authors

  • Iin Hendrayani

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v12i4.3237

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk: (a) menganalisis besarnya pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja dosen, (b) menganalisis besarnya pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja dosen, (c) menganalisis besarnya pengaruh secara simultan antara motivasi kerja, kepuasan kerja terhadap kinerja dosen. Penelitian ini dilakukan   terhadap dosen tetap Pascasarjana Perguruan Tinggi Swasta Palembang. Populasi dalam penelitian   sebanyak  94 responden dari 8 Pascasarjana Perguruan Tinggi Swasta di Palembang. Sampel penelitian menggunakan  teknik sampel jenuh tetapi kusioner yang kembali hanya 73 dari 7 Pascasarjana Perguruan Tinggi Swasta di Palembang.

Uji keabsahan data menggunakan uji validitas, reliabilitas. Uji prasyarat analisis menggunakan uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas, dan uji linieritas.Teknik analisis data menggunakan analisis deskripsi, dan regresi berganda. Perhitungan menggunakan SPSS for windows.

Hasil penelitian   nilai Fhitung (37.693) > Ftabel (3,127) dan dapat diketahui bahwa signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,005 Hal ini memberikan arti bahwa variabel-variabel independen motivasi dan kepuasan kerja secara serempak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja dosen Pascasarjana PerguruanTinggi Swasta di Palembang. Secara parsial variabel motivasi nilai   thitung  (4,834) > ttabel (1,994) dan dapat diketahui bahwa signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,005 berarti  hipotesis nol ditolak, kesimpulannya yaitu Motivasi (X1) berpengaruh positif terhadap kinerja dosen (Y) Pascasarjana Perguruan Tinggi Swasta di Palembang. Variabel kepuasan kerja  nilai thitung  (3,384) > ttabel (1,994) dan dapat dikethaui bahwa signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,005 berarti  hipotesi nol ditolak, kesimpulannya yaitu Kepuasan Kerja (X2) berpengaruh positif terhadap kinerja dosen (Y) Pascasarjana Perguruan Tinggi Swasta di Palembang.

Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa motivasi dan kepuasan kerja dosen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen Pascasarjana Perguruan Tinggi Swasta di Palembang.

 

Kata kunci : Motivasi, Kepuasan Kerja, Kinerja.

Downloads

Published

2019-10-17