PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Authors

  • Rismansyah .

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v12i3.3278

Abstract

Latar belakang dilakukanya penelitian ini adalah seiring dengan pertambahan jumlah penduduk serta bertambahnya kebutuhan manusia akan tempat tinggal dan lain sebagainya, sehingga membuat perusahaan property dan real estate ini membutuhkan dana dari sumber eksternal untuk mengkespansikan usahanya, dana dari sumber eksternal dapat diperoleh melalui pasar modal, dan tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh rasio keuangan yang diproksi current ratio,debt equity ratio, total asset turnover, return on asset dan price book value terhadap return saham pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di bursa efek indonesi (BEI).

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan property dan real estate yang terdaftar di BEI yang berjumlah 45 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini didasarkan pada metode purposive sampling dan berjumlah 10 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa laporan keuangan dan Indonesian Capital Market Directory (ICMD).Untuk mengetahui pengaruh rasio keuangan terhadap return saham, maka digunakan analisis statistik dengan menggunakan SPSS 17.0 for windows. Proses analisis data yang dilakukan terlebih dahulu adalah uji normalitas dan uji asumsi klasik dan selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis. Teknik analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan level of significance 5%.

Hasil penelitian ini memberikan hasil bahwa current ratio, debt equity ratio, dan return on asset tidak berpengaruh terhadap return saham. Sedangkan total asset turnover dan price book value berpengaruh secara signifikan terhadap return saham. Secara simultan menunjukan bahwa rasio keuangan yang diproksi current ratio,debt equity ratio, total asset turnover, return on asset dan price book value berpengaruh signifikan terhadap return saham. Dan hasil pengujian menunjukan bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi return saham adalah total asset turnover, hal ini dikarenakan variabel TAT memiliki nilai signifikan terkecil dari pada variabel lain. Hasil penelitian ini diharapkan bahwa rasio keuangan dapat dijadikan pedoman, baik oleh pihak menejemen perusahaan dalam melakukan peningkatan kinerja keuangan khususnya dalam pengelolaan modal dan kewajiban serta untuk terus memaksimalkan laba perusahaan, maupun oleh para investor dalam menentukan strategi investasi.

 

Kata Kunci :  Current Ratio, Debt Equity Ratio, Total Asset Turnover, Return On Asset  Price Book Valu, Return Saham

Downloads

Published

2019-11-02