Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Universitas PGRI Palembang

Authors

  • Edduar Hendri

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v8i1.328

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh Stres kerja terhadap kinerja pegawai Universitas PGRI Palembang?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis apakah stres kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai Universitas PGRI Palembang?

Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai tetap Universitas PGRI Palembang yang berjumlah 416 orang. Sedangkan tehnik pengambilan sample yang dilakukan secara stratified sampling selanjutnya ditarik secara random dengan menggunakan metode simple random sampling atau pengambilan secara acak sederhana. Besarnya sampel yang diambil 15% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 62 orang.

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan Analisis persamaan regresi sederhana yang diperoleh adalah Y = 29,473 + 0,257X, artinya jika ada peningkatan terhadap stres kerja (X) sebesar 100%, maka akan meningkatkan kinerja pegawai (Y) sebesar 25,7%, sebaliknya jika ada penurunan terhadap stres kerja (X) sebesar 100%, maka akan menurunkan kinerja pegawai (Y) sebesar 25,7%. Analisis korelasi antara stres kerja (X) dengan kinerja (Y) menunjukan angka 0,336,  hal ini berarti bahwa hubungan antara stres kerja dengan kinerja pegawai pada Universitas PGRI Palembang Palembang adalah rendah dan positif, di mana bila stres kerja meningkat maka kinerja pun ikut meningkat, demikian pula sebaliknya bila terjadi penurunan stres kerja maka kinerja pun akan menurun.

Hasil uji hipotesis diperoleh (thitung,764 > ttabel 2,000), hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh antara stres kerja terhadap kinerja pegawai pada Universitas PGRI Palembang.

 

Kata kunci : Stres kerja, kinerja pegawai

Downloads

Published

2015-09-21