PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP BAGI HASIL TABUNGAN MUDHARABAH PADA PT. BANK BNI SYARIAH CABANG PALEMBANG

Authors

  • Hendri Saladin

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v12i1.3304

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem informasi akuntasi bagi hasil tabungan mudharabah yang diterapkan oleh Bank BNI Syariah cabang Palembang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode analisis kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara dan dokumentasi.

Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem transaksi tabungan mudharabah di Bank BNI Syariah cabang Palembang menggunakan akad mudharabah mulaqah dan sistem bagi hasil yang diterapkan mengacu pada prinsip revenue sharing, akan tetapi informasi mengenai sistem perhitungan bagi hasil yang diperoleh nasabah masih terbatas sehingga pemahaman nasabah tentang sistem informasi akuntansi tersebut masih kurang jelas, oleh karena itu sistem bagi hasil yang diterapkan hendaknya diperjelas dengan meggunakan flowchart sistem bagi hasil pada tabungan mudharabah berdasarkan teori yang ada.

Sehubungan dengan itu penulis menyarankan hendaknya pihak bank melakukan perbaikan pada sistem informasi akuntansi khususnya pada sistem bagi hasil tabungan mudharabah agar pihak deposan dapat mengetahui dengan jelas mengenai sistem bagi hasil tabungan mudharabah.

 

Kata Kunci : Sistem Informasi Akuntansi, Bagi Hasil

Downloads

Published

2019-11-08