PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG TAHUN AKADEMIK 2014/2015

Authors

  • Tri Darmawati

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v12i1.3306

Abstract

Setiap organisasi tentu ingin mencapai tujuan yang telah ditetapkan, dan untuk mencapai tujuan tersebut, peranan manusia yang terlibat didalamnya sangat penting. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang sebagai suatu bagian organisasi yang memberikan pelayanan jasa pendidikan bagi mahasiswa, tentunya juga ingin mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang harus dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada mahasiswa. Namun yang menjadi permasalahan disini adalah Apakah terdapat Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas PGRI  Palembang.

Penelitian ini dilaksanakan pada tahun akademik 2014/2015 di Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang. Populasi berjumlah 308 mahasiswa yang terdiri dari angkatan 2009 sampai dengan 2014. Sampel penelitian sebanyak 175 mahasiswa atau 56,8% dari keseluruhan populasi, dengan teknik sampling probability sampling meliputi stratified random sampling.

            Teknik analisis meliputi analisis regresi linier sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan penguji hipotesis menggunakan uji T. hasil penelitian regresi linier sederhana adalah Y’=36,08+0,187X, persamaan koefisien korelasi sebesar 0,519, dan koefisien determinasi 26.94%. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung sebesar 8,095>1,974 maka menghasilkan keputusan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat pengaruh pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas PGRI  Palembang.

 

Kata kunci : Pelayanan, kepuasan.

Downloads

Published

2019-11-08