ANALISIS PEMERIKSAAN PAJAK TERHADAP SURAT PEMBERITAHUAN (SPT) TAHUNAN WAJIB PAJAK BADAN PADA KPP PRATAMA PALEMBANG SEBERANG ULU

Totok Sudiyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemeriksaan pajak terhadap Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Wajib  Pajak Badan Pada KPP Pratama Palembang Seberang Ulu. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif, analisis data kualitatif untuk menganalisis pemeriksaan pajak terhadap Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan yang dilakukan oleh KPP Pratama Palembang Seberang Ulu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa pemeriksaan yang dilaksanakan oleh KPP Pratama Palembang Seberang Ulu dalam pemeriksaan pajaknya yaitu : pemeriksaan rutin ditujukan pada wajib pajak yang tidak melaksanakan kewajibannya yaitu menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) dan wajib pajak yang melakukan pelanggaran. Pemeriksaan khusus ditujukan apabila wajib pajak yang diduga melakukan tindak pidana di bidang perpajakan, wajib pajak tertentu berdasarkan pengaduan masyarakat, serta wajib pajak tertentu berdasarkan pertimbangan Direktorat Jenderal Pajak. Pemeriksaan kriteria seleksi ditujukan untuk wajib pajak badan yang jumlah fiskalnya tinggi dan adanya indikasi yang kuat telah terjadi pelanggaran.

Kata Kunci : Pemeriksaan Pajak dan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31851/jmwe.v11i4.3311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Media Wahana Ekonomika

p-ISSN 1693-4091 (print), e-ISSN 2622-1845 (online)

Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang

Jl. Ahmad Yani Lrg. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang 30251
e-mail: jmwahanaekonomika@univpgri-palembang.ac.id / jmwahanaekonomika@gmail.com

Jurnal Media Wahana Ekonomika by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Ekonomika/ is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License