ANALISIS PENGARUH IKLIM KERJA, KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PRESTASI KERJA DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

Andri Eko Putra

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh iklim kerja, kepemimpinan, dan budaya organisasi terhadap prestasi kerja dosen Universitas PGRI Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 464 orang Dosen Tetap Yayasan. Dengan teknik pengambilan sample yang dilakukan secara stratified, selanjutnya ditarik secara random dengan menggunakan simple random sampling atau pengambilan secara acak sederhana. Pengujian instrument penelitian ini menggunakan Uji Validitas dan Reliabilitas. Tujuannya adalah agar data yang diambil valid, yakni benar-benar mengukur apa yang hendak diukur. Rancangan penelitian terdiri atas variable terikat, yaitu Prestasi Kerja (Y), variable bebas yaitu Iklim Kerja (X1), Kepemimpinan (X2), dan Budaya Organisasi (X3). Untuk teknik analisis dalam pengujian hipotesis yaitu analisis statistik deskriptif, dan analisis inferensial. Untuk uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan linearitas. Uji hipotesisnya dengan melakukan uji signifikansi simultan (uji statistik F), dan uji signifikansi parameter individual (uji statistik t).

Kata Kunci : Iklim Kerja, Kepemimpinan, Budaya Organisasi, dan Prestasi Kerja.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31851/jmwe.v11i4.3312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Media Wahana Ekonomika

p-ISSN 1693-4091 (print), e-ISSN 2622-1845 (online)

Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang

Jl. Ahmad Yani Lrg. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang 30251
e-mail: jmwahanaekonomika@univpgri-palembang.ac.id / jmwahanaekonomika@gmail.com

Jurnal Media Wahana Ekonomika by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Ekonomika/ is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License