HUBUNGAN PENGAWASAN TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN PADA CV. SYAILENDRA JAYA PALEMBANG

Akila .

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengawasan terhadap motivasi kerja karyawan pada CV. Syailendra Jaya Palembang. Populasi penelitian seluruh karyawan yang berjumlah 30 orang, besar sampel yang diambil 30 orang, instrument  dilakukan dengan cara validitas dan rehabilitas, objek penelitian bertempat Jalan Sudirman No. 172 Rt.002 Kelurahan 18 Ilir Kecamatan Ilir I Palembang, metode penelitian deskriptif kuantitatif, sumber data adalah primer dan sekunder, Teknik pengumpulan data dengan cara obsevasi, kuesioner, wawancara. Tehnik analisis data yaitu analisis  regresi linier sederhana dan kolerasi. Hasil program SPSS, nilai koefisien regresi constant =  0,690 dan koefisien regresi pengawasan = 0,870. Sehingga regresi sederhana: Y = 0,690 + 0,870 X1 + e, dimana konstanta  sebesar 0,690 menyatakan bahwa jika tidak ada pengawasan maka skor motivasi kerja adalah 0,690. Koefesien regresi  X1 sebesar  0,870 menyatakan bahwa setiap penambahan satu satuan skor pengawasan akan meningkat skor motivasi kerja sebesar 0,870. Dari perhitungan diperoleh nilai R = 0,875 yang bearti bahwa varibel bebas yaitu pengawasan mempunyai hubungan yang sangat kuat terhadap variabel terikat yaitu motivasi kerja yang memiliki arah yang positif.

Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikasi antara variabel pengawasan terhadap variabel motivasi kerja karyawan CV. Syailendra Jaya Palembang. Berarti semakin tinggi skor pengawasan, maka semakin tinggi pulah motivasi kerja karyawan. Artinya apabila pengawasa tinggi, maka motivasi kerja karyawan akan tinggi

 

Kata Kunci : Pengawasan, Motivasi Kerja

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31851/jmwe.v11i4.3314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Media Wahana Ekonomika

p-ISSN 1693-4091 (print), e-ISSN 2622-1845 (online)

Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang

Jl. Ahmad Yani Lrg. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang 30251
e-mail: jmwahanaekonomika@univpgri-palembang.ac.id / jmwahanaekonomika@gmail.com

Jurnal Media Wahana Ekonomika by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Ekonomika/ is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License